Liburan Bisa Ngobatin Luka Dalam? Ini Manfaat Liburan untuk Kesehatan Psikologis

Selasa 19-12-2023,23:59 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Bagi Anda yang kerap kali menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja, marilah luangkan sebagian waktu Anda untuk menikmati liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Tentunya harus memiliki waktu luang untuk liburan, karena hal ini telah terbukti memiliki efek psikologis bagi kesehatan tubuh.

Liburan ini tentunya akan sangat berpengaruh bagi kondisi internal, di mana efek dari liburan ini akan terserap secara emosional.

Berikut merupakan beberapa manfaat dari liburan yang sangat berdampak bagi kesehatan psikologis yang akan dirasakan, antara lain:

1. Mengurangi Risiko Gangguan Mental

Salah satu manfaat kesehatan mental dari travelling adalah mengurangi risiko depresi dan gangguan kecemasan. 

Aktivitas selama liburan dapat menjauhkan Anda dari kegiatan yang memicu pelepasan hormon kortisol penyebab stres. 

Adanya efek positif ini memiliki manfaat tambahan untuk menyegarkan pikiran. Tidak perlu berlibur dalam waktu yang lama untuk menikmati manfaat dari liburan ini.

Bahkan liburan singkat selama dua hari pun dapat mengurangi hormon stres dan menyegarkan pikiran bagi kesehatan tubuh. 

Dalam hal kesehatan mental, pergi berlibur dapat menjadi pengalaman puncak, seperti menikmati matahari terbit dan melihatnya selama beberapa detik. Anda akan merasakan kekaguman yang luar biasa akan keindahan langit.

BACA JUGA:Jangan Ditahan, Ini Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

2. Mempererat Hubungan Sosial

Pergi berlibur dengan keluarga atau teman juga dengan bertemu orang baru akan memperkuat hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. 

Hal ini dapat menimbulkan percakapan yang menarik dengan orang lain tentang pengalaman yang menyenangkan atau tidak menyenangkan. 

Berlibur bersama orang lain juga dapat membantu Anda untuk memahami orang lain dan memperkuat ikatan emosional yang telah terjalin

Kategori :