Macam-macam Jenis Pemasalahan Kulit Wajah, Berikut Cara Pengobatannya

Jumat 15-12-2023,23:14 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai macam permasalahan kulit wajah seperti jerawat, berikut merupakan pembahasan lengkapnya.

Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan setiap orang. Tapi tahukah Anda seperti apa kulit yang sehat dan apakah harus selalu putih bersih? 

Pada dasarnya kulit yang sehat tidak memiliki berbagai masalah kulit, seperti gatal-gatal, kemerahan dan penyakit kulit kurap. 

Beberapa kondisi kulit berikut ini bisa menjadi tolak ukur dalam mengukur kesehatan kulit wajah Anda.

Perhatikan berikut merupakan beberapa masalah yang biasa dialami oleh kebanyakan orang, antara lain:

Komedo Hitam dan Putih Serta Flek Hitam

Hal ini terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih, bakteri dan sel kulit mati pada wajah Anda. 

Saat pori-pori tertutup, muncul benjolan-benjolan kecil yang terlihat putih atau berwarna seperti daging, inilah yang disebut dengan komedo putih.

Jika pori-pori dipenuhi ruam dan tetap terbuka, maka akan rawan dan berisiko menimbulkan jerawat pada wajah, itu disebut dengan flek hitam.

Itu bukanlah komedo yang nampak terlihat seperti bintik-bintik hitam, jangan sampai menggosoknya terlalu keras, karena hanya akan memperburuk jerawat Anda.

Untuk menghilangkan pori-pori yang tersumbat, dokter kulit merekomendasikan penggunaan retinoid yang rutin diaplikasikan pada wajah.

Anda dapat membeli 1 retinoid dan adapalen yang tanpa memerlukan adanya resep yang diberikan oleh dokter. 

Anda juga bisa menggunakan pencucian benzoil peroksida. yang dapat membantu menghilangkan bakteri jerawat.

Berikan perawatan selama enam hingga delapan minggu agar berhasil. Jika Anda masih melihat luka, disarankan untuk menemui dokter kulit. 

Prosedur seperti ekstraksi komedo (istilah medis untuk komedo) dapat membantu Anda untuk menghilangkan komedo yang memandel pada wajah Anda. 

Kategori :