Macam-macam Jenis Pemasalahan Kulit Wajah, Berikut Cara Pengobatannya

Jumat 15-12-2023,23:14 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

Adapun perawatan yang hingga harus menemui dokter ini adalah salah satu cara terakhir jika kamu benar-benar kesulitan membersihkan komedo yang membandel itu.

BACA JUGA:Cara Ketahui Penyebab Jerawat Beradasarkan Letaknya

Jerawat Awal/Bruntusan

Benjolan merah kecil mungkin muncul ketika kelebihan lemak, bakteri dan sel kulit mati mendorong jauh ke dalam kulit, menyebabkan peradangan (kemerahan dan bengkak). 

Kata medis untuk jenis bekas jerawat ini adalah papula. Papula ini akan terasa sulit untuk dihilangkan, jika papula ini muncul terlalu banyak, area tersebut mungkin terasa seperti amplas.

Untuk menghilangkan bekas luka akibat jerawat jenis ini, cobalah mencuci muka dengan pembersih muka berjerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid 1-2 kali sehari. 

Jika Anda memiliki terlalu banyak papula, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit, sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Jerawat Berisi Nanah

Istilah medis untuk jenis bekas jerawat ini adalah pustula. Luka ini sangat mirip dengan papula, hanya saja pustula tersebut mengandung cairan kekuningan. 

Anda biasanya akan melihat bagian tengah berwarna kuning atau putih yang di mana itu berisikan nanah yang ada di dalam jerawat Anda.

Untuk mengobatinya, basuh wajah Anda dengan produk jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid. 

Tahan untuk tidak memecahkannya, karena itu bisa memperburuk kondisi jerawat yang sedang Anda alami. 

Jika Anda tidak melihat hasil perawatan dalam waktu 6-8 minggu, temuilah dokter kulit yang terpercaya untuk mengkonsultasikan hal itu.

Nodul dan Jerawat Batu

Bekas jerawat ini biasanya menembus jauh ke dalam kulit dan menyebabkan bekas jerawat permanen saat sembuh. 

Jika Anda memiliki jerawat yang terlihat seperti ini, Anda memerlukan bantuan dokter kulit untuk mengobatinya. Semakin dini Anda memulai perawatan, bekas luka akan semakin tidak permanen.

Kategori :