Mau Atasi Jerawat yang Membandel? Lakukan 6 Hal Ini, Dijamin Kulit Cerah Bersinar

Jumat 15-12-2023,16:49 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Lakukanlah beberapa hal berikut ini untuk memberikan perawatan khusus pada kulit berjerawat.

Siapa pun yang memiliki jerawat terus-menerus pasti merasakan betapa sulitnya mencoba memperbaiki kulit Anda. 

Tetapi bahkan jika Anda berusaha untuk meredakan jerawat yang Anda miliki, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah terbentuknya jerawat baru dan juga memutus siklus jerawat yang sering kali tampak tanpa henti.

Tidak ada cara yang sangat mudah untuk menghilangkan kulit berjerawat selamanya, tetapi dapat membantu mengurangi jerawat dan menjaga kulit Anda sesehat mungkin.

Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar kulit wajah bisa tetap terawat dari jerawat yang membandel, antara lain:

1. Cuci Muka dengan Benar

Jerawat bisa muncul di mana saja di permukaan kulit, tetapi paling sering muncul adalah di area wajah yang sangat mudah nampak. 

Mikrobioma kulit sangat kompleks, tetapi para ilmuwan telah mengidentifikasi bakteri yang disebut Propionibacterium acnes yang dapat menyebabkan jerawat. 

Bakteri ini menyebabkan peradangan yang mengubah sebum, minyak yang ditemukan secara alami di kulit akam menjadi asam lemak.

Menghilangkan minyak berlebih, kotoran dan keringat setiap hari dapat membantu mencegah jerawat, tetapi terlalu sering mencuci muka juga dapat memperburuk jerawat dan bahkan akan lebih banyak menghasilkan minyak yang berlebih.

Sebagai aturan umum, disarankan untuk mencuci muka tidak lebih dari dua kali sehari yang merupakan sudah sangat bagus bagi kulit wajah.

gunakanlah pembersih yang bebas sulfat, tidak berbau, dan cukup lembut untuk digunakan 1-2 kali sehari. Jangan sampai menggosok permukaan wajah dengan keras.

Tips mencuci muka:

- Basahi wajah Anda dengan air hangat (bukan panas).

- Gunakan jari Anda sebagai pengganti handuk untuk mengoleskan pembersih ringan dalam lingkaran lembut.

Kategori :