Jangan Ditebang, Tanaman Liar Sawah Ini Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan, Bahkan Bernilai Ekonomis

Selasa 10-10-2023,19:45 WIB
Reporter : Yusuf Permana
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Buah ciplukan, juga dikenal sebagai buah kersen, ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kita tentu sudah tak asing dengan buah yang sering ditemui di areal persawahan ini, anak-anak kecil sering memakannya ketika main di sawah, tak diduda, ternyata buah ini juga bagus untuk kesehatan tubuh.

Ada beragam manfaat kesehatan tubuh yang terkandung dalam buah ciplukan, hal ini perlu kamu ketahui agar tidak menebang sembarangan tanaman ini.

Diketahui, buah ciplukan adalah buah yang tumbuh di berbagai daerah tropis dan subtropis. Buah ini memiliki warna merah kecil yang menarik dan rasa yang manis dengan sedikit rasa asam.

Ciplukan sering dimakan segar atau digunakan dalam berbagai hidangan, seperti selai, jeli, atau minuman. Pohon ciplukan tumbuh subur di lingkungan beriklim tropis dan subtropis, dan buahnya biasanya bisa diambil dari pohon di alam liar atau dibudidayakan.

Di banyak daerah, buah ciplukan dapat ditemukan di pasar lokal atau toko buah segar saat musim panen. Buah ini bahkan tidak jarang ditemukan sebagai tanaman liar diladang persawahan di Indonesia.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan, Nomor 2 yang Jarang Diketahui

Beberapa potensi manfaat buah ciplukan meliputi:

1. Kandungan antioksidan

Buah ciplukan mengandung antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Dukungan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dalam buah ciplukan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, membantu melawan infeksi dan penyakit.

3. Kesehatan kulit

Beberapa orang menggunakan ekstrak ciplukan dalam perawatan kulit karena potensi efek anti-aging dan antiinflamasi yang dimilikinya.

4. Kemungkinan manfaat antiinflamasi

Kategori :