Akun Saldo DANA Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama? Begini Cara Atasinya

Selasa 12-09-2023,20:23 WIB
Reporter : Adinda Maulida Fatma
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Kesalahan login pada aplikasi saldo DANA biasanya disebabkan oleh akun Dana yang sudah lama, nomor yang salah, atau koneksi internet yang terputus pada saat login. 

Biasanya, kesalahan login ini ditandai dengan adanya notifikasi yang muncul di atas form login di aplikasi saldo DANA atau di area notifikasi di halaman beranda aplikasi.

Namun, baru-baru ini muncul notifikasi baru yang jarang muncul namun sering dijumpai oleh pengguna saldo DANA saat login. 

Notifikasi ini tidak menampilkan kode error seperti notifikasi pada umumnya, melainkan menampilkan 'Dana sudah terlalu lama tidak aktif'.

Dana sudah terlalu lama tidak aktif, yang berarti akun Dana terlalu sering login dan keluar, atau login dan keluar dalam waktu yang bersamaan.

Ini adalah notifikasi untuk membatasi aktivitas pengguna agar mereka tidak masuk dan keluar dari akun mereka pada saat yang sama, karena mereka masuk dan keluar berulang kali. 

Oleh karena itu, ketika login ke aplikasi saldo Dana, akun Dana sudah terlalu lama tidak aktif akan muncul notifikasi untuk membatasi waktu login pengguna. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah akun keluar atau masuk dalam waktu yang berdekatan untuk mengantisipasi penyalahgunaan upaya login akun Dana.

Penyebab akun Saldo Dana Tidak Aktif Terlalu Lama 

Ada beberapa alasan lain yang mungkin menyebabkan pemberitahuan ketidakaktifan akun saldo Dana terlalu lama, yaitu :  

Penyalahgunaan akun Dana 

Dana saat ini sedang meningkatkan keamanan untuk memastikan keamanan data pengguna, saldo, dan informasi akun. 

Salah satunya adalah batas waktu untuk masuk ke aplikasi saldo Dana. Alhasil, saat masuk ke aplikasi Dana, pengguna akan mendapatkan informasi bahwa akun Dana mereka sudah terlalu lama tidak aktif dan waktu login pengguna dibatasi. 

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa akun tidak di-logout atau login kembali terlalu dini untuk mengantisipasi penyalahgunaan upaya login akun Dana.

Koneksi internet terputus 

Selain untuk melindungi keamanan akun, notifikasi gagal login akun saldo Dana ini juga dapat muncul karena internet yang terputus atau terputus secara tiba-tiba, selain karena Dana terlalu lama tidak aktif, saat koneksi terputus biasanya juga akan muncul notifikasi Connection Timeout Error.

Aplikasi Dana Error 

Masalah server biasanya terjadi ketika aplikasi saldo Dana sedang melakukan update atau perbaikan sistem pada server.

Biasanya, saat login ke Dana akan terjadi error sementara sampai update atau perbaikan server selesai.

Akun Dana telah dibekukan 

Akun saldo Dana kamu tidak bisa log ini mungkin karena akun milikmu sedang dibekukan, mungkin ini bisa terjadi karena : 

    Akun Dana digunakan secara curang. Tanda-tanda peretasan akun. Kesalahan login akun Dana secara terus menerus. Transaksi dana yang tidak wajar.
Menumpuknya cache aplikasi Dana 

Cache aplikasi Dana adalah ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan aktivitas terakhir yang dilakukan di aplikasi Dana. 

Semakin banyak aktivitas di aplikasi Dana, semakin banyak cache yang disimpan. 

Ketika cache aplikasi penuh, proses registrasi aktivitas akan gagal ketika masuk ke akun Dana kamu, yang dapat mencegah Dana untuk masuk.

BACA JUGA : Ajukan Pinjaman di Dana Premium, Simak Syaratnya

Cara mengatasi akun Saldo Dana Tidak Aktif Terlalu Lama 

Berikut ini adalah cara mengatasi aplikasi saldo Dana kamu yang sudah lama tidak aktif : 

Masuk ke aplikasi Dana setelah 30 menit 

Setelah log out dari aplikasi saldo Dana, cobalah masuk ke Dana beberapa jam setelah keluar untuk memeriksa keamanan akunmu.

Setelah keluar, coba masuk beberapa jam setelah keluar untuk mengetahui kapan kamu dapat masuk ke aplikasi Dana paling cepat.

Hapus cache aplikasi Dana 

Jika kamu merasa waktu antara keluar dan masuk kembali ke akun Dana kamu terlalu lama, kamu dapat memilih opsi 'Hapus data dan cache'. 

Menghapus data dan cache di aplikasi Dana akan mengatur ulang semua data di aplikasi Dana, termasuk data login. 

Berikut ini cara menghapus data dan cache Dana: 

    Buka Pengaturan pada ponsel. Buka 'Kelola aplikasi' > 'Aplikasi terinstal'  Cari aplikasi Dana.  Pilih aplikasi Dana dan klik 'Hapus data'. Pilih Hapus data dan klik Konfirmasi. Kemudian klik Hapus cache dan klik Konfirmasi.  Kemudian buka kembali aplikasi Dana dan masuk menggunakan nomor ponsel dan kata sandi kamu.
Periksa koneksi internet  

Jika aplikasi saldo Dana masih belum bisa login setelah mencoba dua cara di atas, kamu perlu memeriksa koneksi internet yang digunakan. 

Kamu bisa membuka situs web fast.com untuk mengecek kecepatan internetmu secara real time.

Jika koneksi internet ditemukan down, berikut adalah beberapa opsi untuk meningkatkan kecepatan internet : 

    Ganti opsi koneksi 
Gunakan Wifi atau hotspot portabel untuk meningkatkan kualitas koneksi internet.

    Beralih data 
Beralih antara data seluler dan mode Pesawat atau melanjutkan data.

    Mengaktifkan/menonaktifkan data/Wifi 
Matikan data seluler/Wifi lalu aktifkan atau nyalakan kembali router Wifi.

Hidupkan ulang ponsel 

Jika setelah mencoba cara-cara di atas kamu masih menerima notifikasi error di aplikasi slado Dana, kamu perlu merestart ponsel yang digunakan untuk mengakses aplikasi Dana.

Tujuan dari restart handphone adalah untuk menyegarkan kembali fungsi handphone dan memungkinkan akses ke aplikasi yang mungkin error saat dibuka, seperti aplikasi Dana.

Menghubungi CS Dana 

Jika akun Dana kamu telah dibekukan karena melakukan login dan logout berulang kali, silakan hubungi CS Dana untuk memulihkan akun saldo Dana yang diblokir.

Itulah cara mengatasi akun saldo Dana yang sudah lama tidak aktif. 

Jika kamu mengalami masalah seperti ini. Semoga informasi ini dapat membantu kamu yah.(*)

BACA JUGA : Dapatkan Saldo DANA Rp150 Ribu Hanya dengan Baca Berita

Kategori :