Panglima AB Australia Anggap Indonesia Rumah Keduanya, Ini Alasannya

Jumat 07-07-2023,07:08 WIB
Editor : M Widodo

INFORADAR.ID --- Panglima Angkatan Bersenjata (AB) Australia Jenderal Angus Campbell menganggap bahwa Indonesia merupakan rumah keduanya setelah negerinya Australia.

Bukan tanpa alasan ia menyampaikan hal itu. Sebab, masa kecilnya banyak dihabiskan di Jakarta, saat mengikuti ayahnya yang ditugaskan menjadi Atase Militer Australia untuk Indonesia. 

Tak hanya itu, Jenderal Angus juga tampak begitu akrab dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Keduanya tampak begitu akrab, layaknya saudara kandung. 

Keakraban itu terekam saat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjamu Panglima Angkatan Bersenjata Australia Jenderal Angus Campbell di sela-sela pelaksanaan sidang ke-11 Australia-Indonesia High Level Committee (AUSINDO HLC), bertempat di Sesko TNI, Bandung. 

Nah, momen keakraban antara Laksamana Yudo Margono dan Jenderal Angus Campbell berlanjut saat pelaksanaan official dinner saat delegasi Indonesia menjamu delegasi Australia makan malam bersama.

Saat itu, Jenderal Angus menceriterakan bahwa Indonesia merupakan tempat tinggalnya yang kedua setelah Australia. Sebab, masa kecilnya banyak dilaluinya di Jakarta ketika ayahnya menjabat sebagai Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia, berkedudukan di Jakarta.

Dilansir dari laman Pusat Penerangan TNI, Ausindo HLC sendiri merupakan komitmen bersama antara kedua panglima tertinggi militer kedua negara untuk bertemu paling tidak setahun sekali guna membahas status dan program kerja hubungan bilateral saat ini dan merencanakan ke depan.

Harapan dari sidang dan pertemuan rutin tersebut dapat memberikan arahan strategis agar staf senior kedua belah pihak dapat bertindak secara terkoordinir demi perkembangan hubungan bilateral antara Australia dan Indonesia.

TERPUKAU KECANGGIHAN PRODUK PT PINDAD 

Di sela sidang Ausindo HLC, Panglima Angkatan Bersenjata Australia (Australian Chief of Defence Force) General Angus J Campbell bersama Panglima TNI mengunjungi PT Pindad, Bandung. 

Jenderal Angus Campbell begitu terpukau dengan kecanggihan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI yang diproduksi oleh PT Pindad tersebut.

Kedatangan Panglima AB Australia dan Panglima TNI beserta rombongan diterima langsung oleh Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose di Auditorium Gedung Direktorat.

Pada kesempatan tersebut, Abraham Mose menjelaskan bahwa Pindad telah memproduksi senjata dan kendaraan khusus yang sudah dilengkapi dengan amunisi untuk mendukung TNI. 

Pindah, kata Abraham Mose, juga telah memiliki kompetensi untuk mengembangkan produk dan layanan industri seperti alat berat dan peralatan juga layanan pertambangan.

Antusiasme tampak terlihat saat rombongan Delegasi ADF menyaksikan demonstrasi Ranpur. Yakni Ranpur Harimau, Badak, Anao Putih, Anoa Loreng, Anoa Turet, 20MM, Anoa Amphibious, Komando, MF1, MF2, Ranpur 4x4 Anti Ranjau, dan Aligator.

Kategori :