Segera Ubah, Ini 4 Kebiasaan Buruk Orangtua yang Dapat Ditiru Anak di Rumah

Minggu 25-06-2023,10:22 WIB
Reporter : Muhdi Ferdiansyah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID -  Perlu diketahui, kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orangtua di rumah sejatinya akan berdampak negatif pula bagi perkembangan tumbuh anak. 

Seorang anak anak merekam dalam memori ingatan apa saja kebiasaan yang sering dilakukan oleh tua pada saat di rumah. Maka janganlah sesekali kita melakukan kebiasaan buruk, apalagi anak sampai melihatnya. 

Karenanya, tahap penting perkembangan tumbuh anak dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar, terutama lingkungan keluarga. Maka jauhilah kebiasaan buruk atau negatif 

Jika kondisi keluarga baik, harmonis,  maka tak menutup kemungkinan pertumbuhan sifat dan karakter anak pun akan baik. Begitupun  sebaiknya. 

Berikut beberapa kebiasaan atau sifat buruk orang tua yang bisa ditiru oleh anak, 

1. Main Gadget Berlebihan

Kebiasaan yang pertama yang sering dilakukan oleh orangtua ialah memainkan gadget terlalu lama atau berlebihan, baik itu karena urusan pekerjaan ataupun hanya scrolling hiburan semata.

Hal itu jika dilihat oleh anak akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. 

Parahnya lagi banyak orangtua yang sengaja memberikan gadget kepada anaknya supaya tidak menggangu pekerjaannya.

Tentunya kebiasaan tersebut tidaklah baik bagi perkembangan anak, akibatnya anak bisa menjadi kecanduan bermain gadget, lebih suka menyendiri, susah untuk diperintah dan sebagainya.

2. Bertindak dan Berkata Kasar

Tindakan atau perlakuan orang tua yang kasar seperti sering memukul, berkata kasar dapat berimbas negatif bagi anak.

Akibatnya seorang anak menganggap tindakan atau ucapan kasar tersebut adalah sesuatu yang bisa, dan lebih parahnya lagi ia akan mempraktekkan perlakuan dan ucapan kasar tersebut di lingkungan pergaulannya. 

3. Emosi dan Marah-marah 

Seorang anak yang biasa melihat orang tuanya marah-marah akan terganggu secara mental dan  karakter. Anak anak menjadi seorang pemarah, emosian akibat sering melihat orang tuanya marah-marah atau membentak dalam menyelesaikan masalah.

Kategori :