Pengin Tubuh Sehat dan Bugar? 6 Cara Ini Boleh Dicoba

Jumat 27-01-2023,05:35 WIB
Editor : M Widodo

3. Rajin Aktifitas Fisik

Rajin aktifitas fisik dapat dilakukan dengan cara olah raga secara teratur. Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga mempunyai banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga yang dapat kita lakukan banyak jenisnya, contohnya: senam sehat, lari, bulutangkis, tennis, bersepeda, dll.

4. Diet Sehat Dengan Kalori Seimbang

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan yang akan dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Dilihat dari kandungannya, makanan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

5. Istirahat Yang Cukup

Istirahat cukup merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Istirahat atau tidur yang cukup dapat berdampak baik bagi kesehatan. Waktu istirahat atau tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam perhari.

6. Kendalikan Stres

Stres telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehingga mengendalikan stress menjadi bagian yang harus kita biasakan agar dampak buruk dari stress tidak mengganggu kita, terutama mengganggu kesehatan.

Dari beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh seperti yang tersebut diatas, rajin melakukan aktifitas fisik dengan olah raga teratur adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan. Salah satu bentuk aktifitas fisik yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan adalah senam sehat.

Senam adalah gerakan-gerakan tubuh yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikis. Beberapa manfaat senam bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Memperkuat otot tangan dan kaki

Dalam senam sebagian besar gerakannya tertumpu pada kaki dan tangan. Oleh karena itu bagi orang-orang yang senang berolah raga senam akan mengalami perkembangan otot baik pada tangan maupun kaki.

2. Memperlancar peredaran darah

Gerakan-gerakan senam dapat meningkatkan suhu tubuh hal ini dapat memberikan pengaruh kepada pembuluh darah sehingga mampu memperlancar peredaran darah. Sirkulasi darah yang baik akan mengurangi resiko terserang penyakit misalnya, stroke atau penyakit jantung,

3. Menjaga berat badan tubuh

Seperti olahraga pada umumnya senam juga efektif untuk membakar kalori. Cadangan energi di dalam tubuh yang tersimpan sebagai lemak, lambat laun akan terbakar dan mengurangi penyimpanan lemak yang dapat menyebabkan obesitas.

Kategori :