Melihat Mobil Kepresidenan REP-1 yang Legendaris di Gedung Sarinah

Minggu 14-08-2022,06:08 WIB
Editor : M Widodo

JAKARTA, INFORADAR.ID -- Untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan, Sabtu, 13 - 22 Agustus 2022 digelar pameran bertajuk Indonesia Merdeka di Gedung Sarinah, Jakarta.

Adapun yang dipamerkan adalah Arsip dan Mobil Presiden Pertama ber-plat REP-1 dan mobil kepresidenan dari era Soekarno hingga saat ini. 


--

Pameran ini merupakan salah satu rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77. 

Pada hari pertama pameran hadir Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir dan disertai para pejabat terkait. Pratikno dan Erick Thohir melihat-lihat stan arsip dan mobil-mobil Kepresidenan dari era Soekarno hingga saat ini. 


Mensesneg Pratikno saat mengamati arsip pada Pameran Indonesia Merdeka di Gedung Sarinah Foto: BPMI/Setpres--

Stan yang paling menarik tentu saja mobil bersejarah di Indonesia yaitu Mobil Presiden Pertama kita yaitu mobil kepresidenan pertama yang dimiliki pemerintah Indonesia dan digunakan oleh Presiden Soekarno.

Mobil tersebut digunakan sebagai kendaraan operasional Sang Proklamator dalam rentang tahun 1945 hingga 1949.


Mobil Kepresidenan REP-1 dilihat dari samping Foto: BPMI/Setpres--

Mobil berkelir hitam dengan plat nomor bertuliskan REP-1 itu dikeluarkan oleh Buick Motor Division dan rilis pada tahun 1939 dengan kapasitas mesin 5247 cc. Mobil ini sedang dipamerkan loh dalam gelaran di gedung Sarinah yang berlangsung hingga 31 Agustus 2022.

Sebagaimana diketahui, Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan Tahun 2022 yang digelar di Gedung Sarinah, Jakarta, berlangsung dari Sabtu, 13 hingga 22 Agustus 2022 hadir untuk menyemarakkan bulan Kemerdekaan. Pameran yang bertajuk "Indonesia Merdeka" merupakan salah satu rangkaian kegiatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. 

 

Editor: M Widodo

Sumber: Laman Setkab RI dan Ditjen Hubdat

Kategori :