Memahami Beragam Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Lainnya

Memahami Beragam Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Lainnya

Ilustrasi mengenal metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan lainnya-Pixabay-pixabay.com

INFORADAR.ID - Jika Anda seorang mahasiswa, istilah skripsi kuantitatif dan kualitatif pasti sudah akrab di telinga. Dua metode penelitian ini sangat populer karena dianggap mudah dipahami, dan referensi yang tersedia cukup melimpah.

Namun, meskipun begitu, terkadang data yang diperlukan tidak bisa sepenuhnya didapat dari dua metode ini. Lalu, metode penelitian apa saja yang bisa digunakan?

Apa Itu Metode Penelitian?

Menurut berbagai sumber, metode penelitian adalah teknik atau cara sistematis yang digunakan untuk menemukan fakta baru sebagai dasar pengembangan teori dalam suatu disiplin ilmu.

Metode ini membutuhkan proses yang terstruktur agar hasilnya bisa dipertanggungjawabkan, dengan ciri-ciri seperti nilai tambah, bersifat ilmiah, dan analitis.

BACA JUGA:Asal-usul Nama Indonesia, Berikut Catatan Sejarahnya

Jenis-Jenis Penelitian

Mempelajari berbagai jenis penelitian akan membantu dalam penyusunan karya ilmiah. Berikut penjelasannya:

1. Penelitian Kuantitatif

Jenis penelitian ini meneliti fenomena secara sistematis dengan menggunakan data statistik, komputasi, atau matematika. Penelitian kuantitatif berfokus pada pengukuran dan hubungan antar variabel dalam populasi. 

Metodenya meliputi komparatif (membandingkan variabel), deskriptif (menggambarkan fakta), dan korelasi (membandingkan hasil dari beberapa penelitian).

2. Penelitian Kualitatif

Penelitian ini berfokus pada analisis mendalam dan deskripsi. Peneliti biasanya terlibat langsung dalam situasi yang diteliti, dan menggunakan wawancara atau observasi sebagai sumber data utama. Filsafat postpositivisme menjadi dasar dari pendekatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: