Maulid Nabi 2024, Momen Refleksi dan Libur Panjang yang Tak Terlupakan

Maulid Nabi 2024, Momen Refleksi dan Libur Panjang yang Tak Terlupakan

Ilustrasi Maulid Nabi 2024-Rayn L-pexels.com

INFORADAR.ID - Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini atau Maulid Nabi 2024 merupakan momen istimewa dalam tradisi umat Islam yang memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, sang pembawa cahaya Islam.

Peringatan Maulid Nabi 2024 ini jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah, dan bagi umat Muslim.

Maulid Nabi 2024 adalah bentuk ekspresi cinta dan rasa hormat kepada sosok yang telah membawa ajaran dan tuntunan hidup melalui Al-Quran dan Sunnah.

Maulid Nabi Itu Apa?


Ilustrasi spanduk Maulid Nabi 2024-freepik-freepik.com

Secara etimologis, istilah "Maulid" berasal dari bahasa Arab yang memiliki makna serupa dengan kata "milad," yang berarti "lahir" atau "kelahiran." 

Sementara itu, "Nabi" yang dimaksud dalam konteks ini adalah Nabi Muhammad SAW. Maka, Maulid Nabi dapat diartikan sebagai perayaan hari lahir Rasulullah, yang diisi dengan mengenang perjuangan dan perjalanan hidup beliau sebagai pemimpin agama Islam.

Menurut penuturan dalam buku Sirah Nabawiyah karya Prof. Dr. Muh. Rawwas Qol'ahji, Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada hari Senin, 12 Rabiul Awal di tahun Gajah—sebuah tahun yang diberi nama karena peristiwa penyerangan Ka'bah oleh pasukan bergajah pimpinan Abrahah.

Pada masa itu, sistem penanggalan Hijriah belum digunakan. Sistem ini baru mulai digunakan beberapa dekade setelah wafatnya Nabi.

Sejarah peringatan Maulid Nabi sendiri sudah berjalan cukup lama. Berdasarkan buku Sejarah Maulid Nabi karya Ahmad Sauri, tradisi memperingati kelahiran Nabi telah dilakukan oleh masyarakat Muslim bangsa Arab sejak tahun kedua Hijriah. 

Rujukan ini diambil dari kitab Wafa'ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa karya Nuruddin Ali. Tradisi ini berkembang hingga kini, menjadi salah satu momen besar yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Libur Panjang Maulid Nabi 2024


Perayaan Maulid Nabi Muhammad warga Griya Permata Asri -Syahbani -

Bersiaplah untuk sebuah momen yang luar biasa, karena Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024 akan mengubah ritme waktu kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: