Tanggal Berapa Maulid Nabi 2024? Berikut Keterangannya

Tanggal Berapa Maulid Nabi 2024? Berikut Keterangannya

Ilustrasi Maulid Nabi 2024-semtiyar-pixabay.com

INFORADAR.ID - Maulid Nabi 2024 adalah sebuah perayaan yang penting bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Perayaan Maulid Nabi 2024 ini bertujuan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, sosok yang diutus oleh Allah SWT untuk membawa ajaran Islam kepada umat manusia.

Setiap tahunnya, umat Muslim merayakan Maulid Nabi pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah termasuk pada Maulid Nabi 2024.

Tanggal ini menandai momen istimewa dalam sejarah Islam, yaitu kelahiran Nabi Muhammad SAW.


Potret Contoh Tradisi Panjang Mulud Memperingati Maulid Nabi-@smknegeri7kotaserang-Instagram

Namun, karena kalender Hijriah berbeda dari kalender Masehi yang lebih umum digunakan, tanggal perayaan Maulid Nabi dalam kalender Masehi selalu berubah setiap tahun.

Misalnya, pada tahun 2024, umat Islam di Indonesia dan seluruh dunia menantikan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal yang akan ditentukan berdasarkan perhitungan kalender Hijriah.

Pergeseran ini terjadi karena perbedaan sistem penanggalan, di mana kalender Hijriah mengikuti peredaran bulan (lunar), sementara kalender Masehi berdasarkan peredaran matahari (solar).

Perayaan Maulid Nabi bukan hanya sekadar momen untuk mengenang kelahiran Nabi, tetapi juga menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk merenungkan nilai-nilai ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:12 Link Twibbon Maulid Nabi 2024 Terbaru

Maulid Nabi 2024 Tanggal Berapa?


Ilustrasi Maulid Nabi 2024-starline-freepik.com

BACA JUGA:24 Ucapan Maulid Nabi 2024 Penuh Makna dan Do'a

Berdasarkan Kalender Hijriah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tahun 2024 jatuh pada tanggal 16 September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: