Apakah Ada Perayaan Rebo Wekasan di Negara Lain? Berikut Asal Muasal Singkatnya

Apakah Ada Perayaan Rebo Wekasan di Negara Lain? Berikut Asal Muasal Singkatnya

Ilustrasi Rebo Wekasan-Mohamed_hassan-pixabay.com

INFORADAR.ID - Tradisi Rebo Wekasan merupakan bagian dari warisan budaya Jawa dan dirayakan setiap tahun pada hari Rabu terakhir di bulan Safar.

Tradisi Rebo Wekasan dilakukan sebagai upacara untuk menghormati para leluhur. Rebo Wekasan 2024 akan diselenggarakan pada hari Rabu, 28 Agustus 2024.

Masyarakat Jawa biasanya merayakan tradisi Rebo Wekasan ini untuk mencegah bencana dan mengharapkan panen yang baik.

Tradisi Rebo Wekasan meliputi ziarah ke makam leluhur, upacara keagamaan, dikla, berbagi makanan, doa untuk mengusir roh jahat, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

BACA JUGA:Rebo Wekasan Itu Apa? Buya Yahya: Tidak Ada Petunjuk Nabi Tentang Itu, Asalkan

Sejarah Tradisi Rebo Wekasan


Ilustrasi tentang Rebo Wekasan-chiplanay-pixabay.com

Tujuan lain dari tradisi ini adalah untuk memperkuat keimanan umat Islam dan mempererat hubungan antar umat.

Tradisi Rebo Wekasan terdiri dari kata 'Rebo' yang berarti 'Rabu' dan 'Wekasan' yang berarti 'akhir'. Dalam perayaan Rebo Wekasan ini, ritual biasanya berlangsung antara pukul 19.00 hingga 05.00 malam.

Pelaksanaan tradisi Rebo Wekasan 

Meskipun sebagian besar umat Muslim di Indonesia merayakan hari ini, ada banyak variasi tradisi Rebo Wekasan di berbagai daerah.

Di beberapa daerah di Jawa, hari ini dirayakan dengan doa bersama di tepi laut. Di Banten, tradisi Rebo Wekasan dilakukan dengan doa bersama, sedangkan di Bantul tradisi ini berupa pembuatan lempung besar yang dibagikan kepada masyarakat.

Secara umum, tradisi Rebo Wekasan diawali dengan doa, dilanjutkan dengan acara-acara khusus yang berbeda-beda di setiap komunitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu.or.id