KKM Uniba Kelomlok 33 Pasang Papan Nama Menuju Wisata Lokal Cibulakan

KKM Uniba Kelomlok 33 Pasang Papan Nama Menuju Wisata Lokal Cibulakan

DOKUMENTASI : Foto bersama dengan staf desa setelah pemasangan papan jalan. IDO GENRB--

INFORADAR.ID - Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Bina Bangsa (UNIBA) dari tahun ke tahun mengharuskan seluruh mahasiswanya aktif berperan serta terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. 

 

Dalam hal itu banyak kegiatan yang harus dilaksanakan oleh kelompok 33 kkm Uniba tepatnya di Kampung Sanepa, Desa Sukabares, Kecamatan Ciomas. 

 

Ada 8 bidang yang harus dijalankan, yaitu bidang pendidikan dan keterampilan, bidang ekonomi, bidang keagamaan, bidang sosial budaya, bidang  pemerintahan desa dan pelayanan masyarakat,bidang teknlogi tepat guna, bidang hukum, dan bidang kesehatan. 

 

Contoh kegiatan nyata di bidang sosial budaya yang dilakukan mahasiswa kkm Uniba tahun 2024 kelompok 33 adalah pemasangan papan nama wisata pemandian Cibulakan pada hari Kamis 22/8/2024.

 

Wisata pemandian Cibulakan ini adalah salah satu tempat wisata kebanggan masyarakat Desa Sukabares. Meskipun berada di dalam hutan, namun wisata lokal Cibulakan ini banyak diminati wisatawan.

 

Gina Patia selaku ketua kelompok 33 menuturkan bahwa wisata lokal Cibulakan ini bisa menghidupi masyarakat setempat lewat UMKM. 

 

"Wisata pemandian Cibulakan ini akan memberikan pendapatan yang maksimal bagi warga bila dikelola dengan baik, salah satunya pengembangan umkm," katanya. 

 

Selain itu ia menjelaskan bahwasannya kkm kelompok 33 Uniba itu telah memasang papan nama untuk menuju ke arah wisata Cibulakan.

 

"Untuk itu kami selaku mahasiswa KKM mengawali langkah dengan membantu membuatkan papan nama menuju Cibulakan," sambungnya. 

 

Tak hanya kawan-kawan mahasiswa yang sedang kkm saja, namun kegiatan itu di hadiri oleh staf Desa. Dalam sambutanya pak Ukas menghaturkan terimakasih atas sumbangsih yang sudah diberikan oleh mahasiswa untuk kemajuan desa. 

 

"Alhamdulilah dengan adanya papan nama sangat membantu warga yang ingin berkunjung ke wisata lokal yang ada di daerah ini," katanya.

 

Hal ini terbukti baru beberapa menit dipasang, sudah ada wisatawan yang memnafaatkan papan nama tersebut untuk mengunjungi wisata Cibulakan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: