Kolaborasi Mahasiswa Kelompok 78 Kukerta UIN Banten Dengan SADA.ID Lakukan Penanaman 1000 Bibit Pohon

Kolaborasi Mahasiswa Kelompok 78 Kukerta UIN Banten Dengan SADA.ID Lakukan Penanaman 1000 Bibit Pohon

Potret penanaman 1000 pohon oleh mahasiswa Kukerta Kelompuk 78 UIN Banten.-doc pribadi-

INFORADAR.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) kelompok 78 UIN Sultan Mulaha Hasanuddin (SMH) Banten sukses melaksanakan penanaman 1000 bibit pohon di Desa Banjarsari Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak pada Kamis (22/08/24).

Kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk Aksi Iklim Kemerdekaan dan juga merupakan program kerja dari mahasiswa KKN yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghijauan dan kelestarian lingkungan.

Acara ini dimulai dengan opening ceremony yang berlangsung di Balai Desa Banjarsari. Kegiatan dibuka dengan sambutan hangat dari Kepala Desa Banjarsari, Tajul Arifin, yang menyampaikan apresiasi serta harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi warga desa. 

Acara ini juga dihadiri oleh perangkat desa, termasuk para ketua RT dan RW yang turut mendukung penuh program penghijauan ini.

Antusiasme masyarakat sangat terasa sepanjang acara. Mereka sangat senang menerima bibit pohon yang dibagikan oleh para mahasiswa. 

Bibit yang dibagikan terdiri dari bibit durian, alpukat, petai, jati, mahoni, dan jengkol. Pembagian bibit dilakukan dengan menyerahkannya secara simbolis kepada perwakilan RT dan RW, sementara sebagian bibit lainnya diserahkan kepada kelompok tani yang diwakili oleh Pak Dadang.

BACA JUGA:Mahasiswa KUKERTA UIN SMH Banten kelompok 122 telah meresmikan Saung Baca

BACA JUGA:Cegah Pernikahan Dini, Kelompok 78 Kukerta UIN SMH Banten Tuntun Masyarakat Desa Banjarsari Melalui Seminar

Muhammad Gentar selaku founder SADA.ID memberikan pesan yang sangatbermakna perilah kegiatan penanaman pohon ini. 

"Bumi ini bukanlah warisan Bapak/Ibu kita melainkan Titipan dari Anak Cucu Kita," jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Desa Banjarsari, tidak hanya dalam meningkatkan penghijauan, tetapi juga sebagai langkah awal untuk meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan lahan kosong dengan menanam pohon-pohon produktif. 

Mahasiswa Kukerta berharap, bibit pohon yang telah dibagikan dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

Ikhwanul Muslimin sebagai penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan utamanya atas terselenggaranya kegiatan positif ini.

"Saya berharap, dengan menanam pohon-pohon ini, kita dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi dampak perubahan iklim yang semakin terasa. Pohon-pohon ini akan tumbuh menjadi simbol harapan dan komitmen kita untuk melindungi bumi, mewariskan lingkungan yang lebih hijau, sehat, dan lestari kepada anak cucu kita."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: