Sering Malas? Bisa Jadi Itu Tanda Depresi, Kenali 6 Gejalanya

Sering Malas? Bisa Jadi Itu Tanda Depresi, Kenali 6 Gejalanya

Berbaring Malas-malasan-Pinterest/Catraca Livre-

INFORADAR.ID - Pernahkah kalian merasa malas untuk melakukan sesuatu? Bahkan suatu waktu kalian hanya ingin berbaring dan menghindari semua tanggung jawab? Meski perasaan demikian mungkin normal dari waktu ke waktu, kalian perlu waspada jika rasa malas justru berlangsung terus-menerus dan terasa lebih mendalam. Bisa jadi itu bukan malas, melainkan tanda bahwa kalian sedang mengalami depresi.

Di era kompetisi yang semakin ketat ini, kita sering merasa bersalah ketika tidak produktif. Namun, kita juga perlu menyadari bahwa depresi adalah kondisi serius yang tidak bisa diabaikan. Dilansir dari kanal YouTube Psych2Go Indonesia, ada enam gejala yang menandakan bahwa rasa malas yang kalian rasakan mungkin lebih dari sekadar kelelahan.

1. Sulit Melepaskan Diri dari Situasi Stres

Biasanya, rasa malas muncul ketika  stres yang berlebih atau telah bekerja terlalu keras dalam waktu lama. Dalam keadaan biasa, kalian mungkin bisa mengatasi kemalasan dengan membuat daftar tugas atau mencari motivasi. 

Namun, ketika mengalami depresi, situasinya berbeda. Depresi bukanlah pilihan dan tidak bisa diatasi hanya dengan kemauan keras. Kondisi ini memerlukan bantuan profesional dan dalam beberapa kasus, obat-obatan diperlukan untuk mengatasinya.

BACA JUGA:Bagaimana Ciri-ciri Orang Terkena Penyakit Ain? Ini 20 Tanda Berikut dengan Pencegahannya!

BACA JUGA:Begini Ciri-Ciri Orang yang Sedang Mengalami Depresi, Jangan Sampai Terjadi Padamu Ya

2. Tidak Bisa Menghibur Diri Sendiri

Jika kalian sering merasa sedih dan putus asa tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadi tanda depresi. Saat depresi, hal-hal yang biasanya membuat bahagia, seperti menghabiskan waktu dengan teman atau sekedar melakukan hobi tidak lagi memberikan kebahagiaan. Rasa lelah dan kehilangan energi terus menerus membuat kalian merasa tidak berdaya menghadapi hari.

3. Kehilangan Ketertarikan pada Segala Hal

Salah satu ciri khas depresi adalah hilangnya minat terhadap aktivitas yang biasanya kalian nikmati. Jika kamu merasa malas dan kehilangan motivasi untuk sekolah, bekerja, atau melakukan kegiatan sehari-hari, ini bisa menjadi tanda depresi. Orang yang depresi cenderung menarik diri dari orang-orang di sekitar mereka dan lebih memilih berdiam diri di rumah tanpa melakukan apa-apa.

4. Tidak Dapat Berfungsi Seperti Dulu

Apakah kemalasan sudah tidak terkendali hingga mengganggu pekerjaan atau kehidupan pribadi kamu? Jika ya, itu bisa menjadi tanda bahwa kalian sedang mengalami depresi. Depresi dapat menyebabkan disfungsi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kalian kesulitan menjalani hari-hari seperti biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: