Partisipasi KKN 66 pada Pembukaan Bumi Perkemahan Pramuka Se-kecamatan Leuwidamar

Partisipasi KKN 66 pada Pembukaan Bumi Perkemahan Pramuka Se-kecamatan Leuwidamar

Mahasiswa KKN Foto Bersama Sukatma, Ketua Pelaksana Perkemahan kwartir ranting Leuwidamar (12/08/2024 )--Ilustrasi Pribadi

INFORADAR.ID - Pembukaan bumi perkemahan dalam rangka peringatan Hut pramuka ke - 63 dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2024 bertempat di aula kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 

Tema acara Perkemahan kwartir ranting Leuwidamar yaitu "Kegiatan perkemahan pada tahun ini yaitu pramuka berjiwa pancasila menjaga NKRI".

BACA JUGA:Hari Pramuka ke-63 Tahun Ini Kamu Masih Ingat Dasa Darma Pramuka Gak? Ini Teksnya

Mahasiswa KKN kelompok 66 UIN Banten ikut berpartisipasi dalam mengawali pembukaan kegiatan perkemahan kwartir ranting Leuwidamar hingga akhir acara.

Bahwa KKN kelompok 66 UIN Banten diikutsertakan dalam membimbing kegiatan perkemahan regu SDN 3 Bojongmenteng mulai dari latihan pramuka hingga kegiatan bumi perkemahan.

" Suatu kehormatan bagi kami karena diikutsertakan dalam menemani kegiatan perkemahan regu SDN 3 Bojongmenteng, semoga regu SDN 3 Bojongmenteng lebih baik kedepannya " ucap Erna Sari, Anggota KKN 66 UIN Banten.

BACA JUGA:Kunjungan Mahasiswa KKN Kelompok 66 UIN Banten Bantu Produksi UMKM Kampung Landeuh, Baduy Binaan YBM PLN

Perkemahan ini dilaksanakan karena dalam rangka memeriahkan Hut pramuka ke - 63 yang bertepatan di tanggal 14 Agustus, dimulai pada tanggal 12 hinggal 14 Agustus 2024.

Kegiatan diawali yaitu karnaval setiap sekolah dengan maksud menunjukan ciri khas setiap regu di sekolahnya, tujuannya untuk menimbulkan rasa patriosme.

Pembukaan perkemahan kwartir ranting Leuwidamar dilakukan secara formal terdiri dari Mabiran kecamatan Leuwidamar, kapolsek Leuwidamar, Mabides pimpinan diwakili oleh 6 desa.

SDN 3 Bojongmenteng merupakan salah satu sekolah yang menjadi target mengajar oleh KKN 66 UIN Banten, sehingga dalam kegiatan perkemahan ini kita berpartisipasi dalam melatih seluruh lomba pramuka.

Setiap tahun kegiatan perkemahan pramuka dilaksanakan dalam rangka Hut Pramuka, tapi tempatnya tidak di satu titik wilayahnya, karena mengikuti permintaan yang warga lain sehingga selalu ada pergantian tempat.

Perkemahan ini terdiri dari SD, MI, MTS, SMP yang berjumlah 37 pangakalan.

Uding, selaku panitia serta pembina pramuka SMP 3 Leuwidamar panitia kegiatan serta pembina pramuka SMP 3 Leuwidamar berharap setiap tahun kegiatan ini banyak diikuti oleh gugus depan se- ranting Leuwidamar.

" Dalam kegiatan perkemahan ini kami berharap seluruh gugus depan ikut berpartisipasi pada setiap tahun ketika kegiatan perkemahan pramuka se - kecamatan," Ujarnya.

" Kami selaku panitia mengucapkan selamat datang kepada KKN 66 UIN Banten, semoga kegiatan ini bisa dijadikan pengalaman baik untuk kedepannya " lanjutnya.

Dalam rangka memperingati Hut pramuka Sukatma, selaku ketua pelaksana perkemahan kwartir ranting Leuwidamar, berharap kegiatan perkemahan lancar hingga akhir.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN UIN Banten Kelompok 66 Adakan Seminar 7 Program Kerja di Kantor Kepala Desa BojongMenteng,Lebak

"Kami selaku panitia siap selama 3 hari melaksanakan kegiatan, dan berharap kegiatan perkemahan ini dapat diikuti dengan antusias oleh seluruh anggota pramuka yang ikut sehingga menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi," ucap Sukatma, bapak ketua pelaksana kwartir ranting Leuwidamar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: