Inilah Sosok Go Tik Swan Pelopor Batik Indonesia yang Mendunia

Inilah Sosok Go Tik Swan Pelopor Batik Indonesia yang Mendunia

Potret Go Tik Swan Budayawan Tiongkok yang mempopulerkan batik Indonesia di kancah internasional--surakarta.go.id

INFORADAR.ID – Mengenal Go Tik Swan tokoh budayawan ternama asal Solo meruakan sang pelopor batik Indonesia dan yang bermula dari empat batik buatannya hingga mendunia.

K. R. T. Hardjonagoro nama lengkap dari Go Tik Swan merupakan pionir batik yang turut andil dalam penyebaran batik di kancah internasional.

Awalnya, ia dikenal sebagai anak dari keluarga pedagang batik Tionghoa yang saat itu memiliki 4 motif produksi batik.

Dalam karya-karyanya, ia belajar langsung dari mendiang ibunya. Toko Susuhunan Paku Buwana XII yang menaungi berbagai sampel batik yang belum banyak diketahui masyarakat umum.

Rancangan batik K. T. Hardjonagoro motif batik dengan ciri khas dan makna yang unik dari masing-masing batik, yang dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan wanita dari kalangan atas.

Bahkan K. T. Hardjonagoro juga pernah mengajari Bu Soed, penulis lagu anak-anak yang terkenal, mengajarinya cara membuat batik yang andal.

Karya-karya K. R. T. Hardjonagoro menjadi langganan koleksi museum di Eropa, Amerika, dan Australia, untuk kolektor pribadi yang mengapresiasi batik berkualitas tinggi.

Selama hidupnya, Go Tik Swan menciptakan sekitar 200 motif batik Indonesia, sehingga pemerintah sangat mengapresiasi prestasinya dan menganugerahinya penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma.

Pada tahun 2011, Siti Supiah Agreni sebagai pewaris Go Tik Swan, menyatakan bahwa karya Go Tik Swan dibuat antara tahun 1950 dan 2008.

Karya batiknya yang luar biasa ini telah mendapat banyak pesanan dari para pejabat, termasuk Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia hingga dunia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: