Sayuti Melik, Editor Teks Proklamasi Kemerdekaan

Sayuti Melik, Editor Teks Proklamasi Kemerdekaan

Sayuti Melik, editor teks Proklamasi Kemerdekaan--

INFORADAR.ID - Tahun ini, Indonesia menginjak pada usia 79. HUT RI ke-79 pun diperingati dengan membaca teks proklamasi kemerdekaan dengan penuh khidmat. Tahukah Anda siapa Sayuti Melik? Sejarah mencatat, beliau adalah sosok yang dipercaya untuk mengetik teks proklamasi.

Kita tentu hafal jika Soekarno sebelumnya menulis teks proklamasi dengan tulisan tangannya sendiri. Namun Sayuti Melik mengubahnya dengaan melakukan penyesuaian pada beberapa frase layaknya seorang editor!

Tidak banyak yang tahu, jika gubahan teks Proklamasi dari Sayuti Melik itulah yang sering dibaca pada setiap HUT RI diseluruh pelosok tanah air.

Adapun naskah teks proklamasi asli yang ditulis oleh Soekarno kini tersimpan dengan rapi dan aman di Arsip Nasional Indonesia.

BACA JUGA:Download Contoh Susunan Acara HUT RI ke-79

Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan

Berikut ini isi dari teks asli yang ditulis oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 – 8 – ‘05

Wakil2 bangsa Indonesia.

Teks asli buah tangan dari Soekarno diatas diubah dengan beberapa penyesuaian oleh Sayuti Melik. Berikut ini hasil gubahan beliau:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: