5 Macam Beasiswa yang Wajib Kamu Daftar Sebagai Maba

5 Macam Beasiswa yang Wajib Kamu Daftar Sebagai Maba

Beasiswa KIP-K salah satu beasiswa paling diminati di bagi mahasiswa baru-kemendikbud.go.id-

INFORADAR.ID — Berkuliah gratis sampai lulus merupakan impian bagi semua mahasiswa baru. Tidak heran banyak mahasiswa baru yang mencari-cari beasiswa untuk bisa mengcover biaya kuliah agar tidak menjadi beban orang tua. 

Beasiswa ini didapatkan setelah mahasiswa baru sudah memulai ospek dan pembelajaran yang pertama. Dengan sangat ambisius dan semangat belajar para mahasiswa baru biasanya akan mendaftar lebih dari 1 beasiswa. Beasiswa yang dicari juga bukan hanya mengcover biaya kuliah tetapi biaya hidup, biaya buku, dan biaya kehidupan. Untuk itu ini dia daftar beasiswa yang bisa kamu daftar ketika menjadi Mahasiswa Baru:

1. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K adalah salah satu beasiswa yang hist yang bsia kamu daftar sebagai mahasiswa baru. Beasiswa ini selenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud). Kamu juga bisa mendaftar ketika kamu dinyatakan lulus perguruan tinggi negeri, bahkan yang dinaungi oleh kementerian agama. Namun secara spesifik Beasiswa ini diperuntukkan oleh kalangan yang tidak mampu dan harus menyertakan Surat keterangan tidak mampu. Beasiswa ini secara umum hanya terdiri atas 2 tahapan yaitu administrasi dan Visit rumah, tetapi ada beberapa kampus juga yang terdapat 1 tahapan lagi yaitu wawancara. Jadi bagi kamu yang ingin mendaftar diharapkan untuk mempersiapkannya. 

BACA JUGA:Pejuang Beasiswa Sini Merapat! Begini Cara Mudah untuk Mendapatkan Beasiswa, Ternyata Ini

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan menjadi incaran beasiswa bagi mahasiswa baru kampus negeri yang dinaungi oleh Kemendikbud. Bagaimana tidak, beasiswa unggulan bisa memberikan kamu pendanaan hingga 3 digit dan tidak mesti orang yang dari kalangan menengah kebawah. Tetapi beasiswa unggulan dikenal sulit dan ketat dikarenakan pada tahap pertama saja kamu meski membuat essay sebanyak 1.000 - 1.500 kata. Untuk itu kamu mesti mempersiapkan dari Jauh-jauh hari agar kamu bisa mendapatkannya. 

3. Beasiswa Indonesia Maju

Beasiswa Indonesia Maju yang diinisiasikan oleh Kemendikbud menjadi beasiswa paling bergengsi ditiap tahunnya. Bagaimana tidak beasiswa ini bukan hanya bisa mendapatkan bantuan dana hingga 3 digit tetapi juga beasiswa ini bisa kamu dapatkan ketika berkuliah di kampus luar negeri. Hal tersulit pada beasiswa ini yaitu kamu harus mendapatkan minimal juara 1 tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh kementerian atau Kemendikbud dan memberikan nilai plus bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa maju. Untuk itu ketika kamu ingin mendaftar beasiswa ini, diharapkan untuk sudah mendapatkan prestasi sebagai syarat utamanya. 

4. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa ini bisa kamu daftar jika kamu termasuk 10 universitas yang bermitra dengan Tanoto Foundation, yaitu universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, universitas Gadjah Mada, universitas Brawijaya, universitas Diponegoro, IPB University, universitas Riau, universitas Sumatra Utara, universitas Hasanuddin. Untuk itu bagi kamu yang menjadi salah satu mahasiswa universitas tersebut maka kamu harus mempersiapkan segala persyaratannya. 

BACA JUGA:Segera dibuka Beasiswa Kuliah ke Korea di KAIST Mulai dari S1 Sampai S3: Catat Jadwal Lengkap Pendaftarannya

5. Karya Salemba Empat (KSE) 

Salah satu beasiswa yang paling ditunggu untuk para mahasiswa baru yaitu dari Yayasan Karya  Salemba Empat. Beasiswa ini bisa kamu dapatkan jika universitas kamu salah satu mitra. Beasiswa ini juga tidak hanya memberikan bantuan dana tetapi juga pengembangan diri dan bantuan ketika kamu membuat projek. Jadi kamu bisa mempersiapkan segala Syarat dan ketentuannya sedari dini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: