Pesan Buat Maba, Biar Gak Bingung Harus Ngapain

Pesan Buat Maba, Biar Gak Bingung Harus Ngapain

Maba harus tahu -ss yt Danang Giri Sadewa-

FORADAR.ID - Tak lama lagi kuliah akan segera masuk, butuh persiapan yang ekstra khususnya maba  (mahasiswa baru) yang belum banyak tahu tentang bagaimana dunia perkuliahan.

Maba mungkin akan kebingungan saat tahun pertama perkuliahannya nanti, karena menuju masa perkuliahan dari masa SMA adalah masa transisi yang cukup besar.

Danang Giri Sadewa, konten kreator yang memberikan edukasi seru gak bikin pusing dengan berbagai konten bercanda yang penuh makna, ia memberikan pesan untuk maba bersama temannya Gilang berdasarkan pengalaman kuliahnya.

1. Cobain Aja Dulu

Lingkungan SMA dengan perkuliahan tentunya sangat jauh berbeda, pada tahun pertama kamu belum tahu lingkungan mana yang cocok untuk kamu saat masuk kuliah nanti. 

Karena mahasiswa baru masih memiliki semangat yang sangat tinggi dan ambis, cobain aja dulu yang ingin kamu coba. Jika kamu suka dengan organisasi, ikuti saja organisasi karena akan banyak tawaran dari kaka tingkat untuk mengikuti organisasi.

Kamu juga barus mengenali dirimu terlebih dahulu, karena standarmu dengan mahasiswa lain akan berbeda. Yang diikuti oleh orang lain belum tentu pas untuk kamu begitu juga sebaliknya.

BACA JUGA:Tips Buat Maba, Memilih Kegiatan di Kampus Biar Gak Salah Pilih

2. Fokus 

Setelah kamu mencoba dan menemukan apa yang pas untuk kamu, seperti organisasi, kegiatan mahasiswa, teman yang cocok, teruskan dan harus profesional. Di tahun kedua jadilah bagian yang dipercaya dalam bidang kegiatan yang kamu ikuti, kamu harus fokus sehingga adanya keberadaan kamu disana dapat memberikan dampak untuk dirimu sendiri maupun organisasi.

3. Lihat Dunia Luar

Mahasiswa perlu mengenal dunia luar kampus, tahun pertama dan kedua sudah cukup untuk kamu mengenal dunia kampus. Tahun ketiga kamu harus survive dunia luar kampus seperti magang, komunitas, pelatihan-pelatihan dan hal apapun yang bermanfaat selain didalam kampus.

Selain pengalaman, kegiatan diluar juga mengembangkan portofolio kamu karena tidak cukup jika organisasi saja. 

4. Selesaikan Apa yang Telah Kamu Mulai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: