Simak Hal-Hal yang Dapat Kamu Lakukan pada Minggu Pertama KKM

Simak Hal-Hal yang Dapat Kamu Lakukan pada Minggu Pertama KKM

Hal yang Harus Dilakukan pada Minggu Pertama KKM-Stefhanie-

INFORADAR.ID - KKM atau Kuliah Kerja Mahasiswa merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan sekelompok Mahasiswa dengan berdasarkan pendekatan keilmuan dari berbagai sektor yang diselenggarakan di daerah tertentu dan pada waktu tertentu pula. Biasanya KKM ini dilakukan selama satu bulan dan bertujuan membangun dan memajukan suatu desa. 

Selama KKM ini mahasiswa dituntut untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di suatu desa. Kegiatan ini tentu dapat melatih mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk terjun ke dunia profesional dan melatih kemampuan kerja tim, pemecahan masalah, dan berkomunikasi.

Dalam melakukan KKM ini tentunya ada beberapa hal yang harus kamu lakukan pada minggu awal ketika melaksanakan KKM, yuk simak apa saja! 

1. Menjalin Hubungan yang Baik dalam Satu Kelompok KKM 

Biasanya kelompok KKM sudah ditentukan dan terdiri dari berbagai jurusan yang ada di kampus kamu. Jadi, kamu tidak akan bertemu dengan teman satu jurusanmu, untuk itu kamu harus dapat melakukan melakukan penyesuaian dan beradaptasi dengan kelompok KKM kamu sehingga selama menjalankan program kerja kamu dapat bekerjasama dengan baik. 

BACA JUGA:KKM 34 Unsera Gelar Seminar Pencegahan Kekerasan Seksual dan Bahaya Narkoba

2. Berkunjung ke Tokoh Masyarakat dan Sesepuh Desa Tersebut

Berkunjung ke tokoh masyarakat dan sesepuh desa menjadi hal yang wajib kamu lakukan sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada orang yang paling dihormati masyarakat desa tersebut. Selain sebagai bentuk menghormati, kamu juga bisa meminta saran untuk program kerja yang akan kamu susun di desa tersebut. Kamu bisa berdiskusi dan menggali lebih dalam permasalahan desa dan mencoba memikirkan solusi untuk permasalahan itu.

3. Kenali Lingkungan Tempat KKM Sebelum Membuat Program Kerja 

Sebaiknya kamu jangan terlalu terburu-buru untuk membuat sebuah program kerja, kamu dapat mengenali terlebih dahulu lingkungan tempat kamu KKM dan melakukan observasi untuk mengetahui program kerja apa yang akan kamu kembangkan. Ingatlah bahwa untuk melakukan suatu kegiatan pengabdian kamu harus dapat mengenali masalah yang ada di desa tersebut sehingga program kerja yang akan kamu jalankan nanti sesuai dengan permasalahan di desa tersebut.

BACA JUGA:Mahasiswa KKM Untirta Gelar Seminar Literasi Digital: Gen “Z” Harus Cerdas dan Bijak Gunakan Media Sosial

4. Hindari Bertanya Apa yang Dibutuhkan Desa Tersebut

Pertanyaan mengenai apa yang dibutuhkan di desa tersebut akan membuat kamu terlihat tidak mengerti mengapa melakukan pengabdian dan membuat masyarakat desa pesimis dengan kehadiran kelompok KKM kamu. Alih-alih bertanya apa yang dibutuhkan di desa itu, kamu dapat menyampaikan niatanmu untuk belajar dari masyarakat dan berusaha menerapkan ilmu yang telah dipelajari dibangku perkuliahan.

5. Menyiapkan Hadiah Kecil 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: