Tips dan Strategi Ampuh untuk Mendapatkan Beasiswa Impian

Tips dan Strategi Ampuh untuk Mendapatkan Beasiswa Impian

Potret penerima beasiswa Bintang Beasiswa Glow and Lovely.-Artika-

INFORADAR.ID - Ditengah krisis ekonomi, beasiswa kerap menjadi incaran bagi mahasiswa maupun mahasiswi. Menggapai cita-cita dan impian dikala kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan biasanya menjadi faktor mahasiswa-mahasiswi ingin mendapatkan beasiswa

Bukan hanya mampu meringankan beban finansial, banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika kamu mendapatkan beasiswa. Seperti mendapatkan Laptop, Handphone, MacBook hingga mendapatkan program pengembangan kapasitas seperti Capacity Building, Workshop, Seminar dll. Keuntungan lainnya juga bisa kamu dapatkan seperti relasi, ilmu baru, pengalaman baru dan masih banyak lagi. Sangat menggiurkan bukan?

Namun penyelenggara beasiswa tentunya tidak bisa meloloskan semua pendaftar, hanya mahasiswa-mahasiswi tertentu saja yang sesuai kriteria dan kualifikasi dari pihak penyelenggara. Untuk itu perlu adanya persiapan yang matang agar bisa memenuhi kriteria dan kualifikasi hingga mendapatkan beasiswa yang kita inginkan. 

Berikut ini tips dan strategi ampuh untuk mendapatkan beasiswa impian yang bisa kamu terapkan selama proses pendaftaran. 

 

1. Kenali Kualifikasi Dari Tahun-tahun Sebelumnya

Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa impian, maka kamu harus mempersiapkan sedari dini mungkin sebelum pendaftaran itu dibuka. Kamu bisa melihat kualifikasi atau persyaratan dari tahun-tahun sebelumnya sehingga kamu bisa mempersiapkan dengan matang. Seperti harus mendapatkan prestasi minimal tingkat nasional, maka kamu harus mendapatkan prestasi tersebut. 

 

2. Bangun Hubungan dengan Penerima Beasiswa

Dengan kamu membangun hubungan ataupun menjalin relasi dengan penerima beasiswa sebelumnya, kamu bisa mengetahui lebih banyak terkait kualifikasi tersirat yang bisa kamu dapatkan. Kamu juga bisa bertanya lebih banyak dengan penerima beasiswa, sehingga kamu semakin yakin untuk mendapatkan beasiswa tersebut. 

 

3. Jawablah setiap pertanyaan pada Short essay dengan sebaik mungkin

Biasanya pada seleksi administrasi atau tahap pertama terdapat pertanyaan yang harus kamu isi atau biasanya dikenal dengan short essay. Maka kamu harus memberikan jawaban terbaik dengan meneliti setiap pertanyaan yang diberikan dan menyajikan jawaban dengan adanya bukti yang menjanjikan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: