UIN SMH Banten Melepas 1.685 Mahasiswa KUKERTA 2024

UIN SMH Banten Melepas 1.685 Mahasiswa KUKERTA 2024

Mahasiswa Kukerta UIN smh Banten kelompok 54.-Fara-

INFORADAR.ID - Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten melakuka pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) pada Selasa, 16 Juli 2024.

Dilaksanakan di Gedung Convention Hall lantai 2 UIN SMH Banten, Kukerta tahun 2024 mengusung tema "Kampus Membangun Desa". 

KUKERTA merupakan kegiatan intrakurikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa dan dilindungi oleh undang-undang no 22 tahun 1961 tentang perguruan tinggi.

Selain belajar menerapkan ilmu yang di dapatkan di bangku kuliah, mahasiswa juga bisa menimba pengalaman langsung dari masyarakat.

BACA JUGA:Pengumuman UMPTKIN 2024 Telah Dibuka, Ini Tata Cara Daftar Ulang di UIN Banten

Sebanyak 1.685 mahasiswa menjadi peserta KUKERTA 2024. 653 diantaranya mahasiswa dan 1.032 mahasiswi dari 5 fakultas yaitu Fakultas Dakwah, Fakultas Syari'ah, Fakultas Ushuludin dan Adab, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Sains. 

Salah satunya kelompok 54, yang ditempatkan di Desa Sinarjaya, Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang Banten.

Selama 40 hari mulai dari tanggal 16 Juli - 24 Agustus 2024, mahasiswa akan mengabdi di desa yang ditetapkan.

Peserta kelompok 54 terdiri dari 14 mahasiswa dari masing-masing jurusan. Dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Ibu Dr. Helnanelis untuk membimbing kelompok 54 dan menghasilkan program kerja yang bermanfaat untuk masyarakat Desa Sinarjaya. 

Terdapat program unggulan yang akan dilakukan oleh kelompok 54. Diantaranya daur ulang sampah plastik, ecoprint bersama ibu PKK dan kader dan festival kampung kreatif.

Harapan berjalannya KUKERTA di desa Sinarjaya, supaya menjadi fasilitator yang baik untuk desa Sinarjaya, "Semoga kelompok 54 menjadi fasilitator yang baik dan kaffah sesuai dengan tema kelompok 54, yaitu Khidmat untuk masyarakat dengan lillah dan kaffah," ujar Etien selaku sekretaris kelompok 54. (*)

Fara GenRB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: