5 Langkah Ini Bisa Mengembalikan Semangat Setelah Mengalami Kelelahan Emosional Total

5 Langkah Ini Bisa Mengembalikan Semangat Setelah Mengalami Kelelahan Emosional Total

Ilustrasi: 5 Langkah mengembalikan semangat setelah mengalami kelelahan emosional total-Freepik.com-cerita

BACA JUGA:Daftar Drakor Terbaik yang Dibintangi Aktor Um Tae Goo Setelah 3 Tahun Istirahat, Ada Drama Terbarunyaemosional

1. Lakukan brain dump cepat

Keluarkan semuanya. Buat daftar semua alasan mengapa kamu merasa lelah secara emosional dan hal-hal yang sedang kamu alami. Kamu dapat menulisnya di jurnal, komputer, kartu catatan, apa pun yang sesuai untuk kamu. Tuliskan di kertas sehingga kamu dapat melihatnya di depan.

2. Pisahkan tanggung jawab kamu

Identifikasi kategori utama tanggung jawab kamu. Akan ada tanggung jawab pekerjaan, dan banyak hal yang berkaitan dengan keluarga. Jika perlu, bagi tugas-tugas keluarga menjadi keluarga inti (anak-anak, pasangan) dan keluarga besar (saudara kandung, orang tua).

3. Evaluasi tugas untuk mempermudah tanggung jawab

Tentukan tugas mana yang akan dihapus atau dibagikan. Setelah kamu mengurutkan semuanya ke dalam kategori, kamu dapat mengevaluasi tugas dan tanggung jawab mu. Tentukan apa yang harus terus kamu lakukan dan tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat kamu hentikan.

4. Beralih ke pola pikir pilihan

Untuk tugas yang tidak dapat kamu delegasikan atau hapus, ubah pola pikir mu . Kapan kamu memutuskan untuk melihat tugas-tugas ini sebagai pilihan, bukan kewajiban? Otak kamu mulai melihatnya sebagai pilihan yang penuh kasih, bukan alasan untuk merasa kewalahan. Di permukaan, hal itu tampak seperti semantik, tetapi pikiran kamu adalah sesuatu yang hebat.

5. Memperjelas standar dan batasan yang dapat dikelola

Sekarang setelah kamu mengidentifikasi apa yang menyebabkan kamu merasa lelah secara emosional, kamu perlu memastikan hal itu tidak akan terjadi dengan menetapkan standar yang tidak dapat dinegosiasikan untuk hidup mu.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengembalikan semangat mu setelah mengalami kelelahan emosional total. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: