5 Tips Life Skill Menurut Raymond Chin yang Tidak Diajarkan di Sekolah

5 Tips Life Skill Menurut Raymond Chin yang Tidak Diajarkan di Sekolah

Tips Life Skill dari Raymond Chin -Akun Youtube Raymond Chin-

INFORADAR.ID - Rayomnd Chin, pendiri start-up yang fokus pada edukasi investasi finansial memberikan edukasi life skill dalam kanal Youtubenya dengan user Raymond Chin salah satunya adalah hal penting dipelajari yang gak diajarin di Sekolah

Dalam videonya, Raymond Chin berpendapat 5 hal ini 100 persen dibutuhkan dalam hidup, dan yang ia lihat 99 persen tidak diajarkan disekolah.

"5 hal yang bakal gua share itu 100 persen, butuh dalam hidup kalian yang gua lihat di 99 persen gak diajarin di Sekolah," ucap Raymond Chin dalam Video Youtubenya.

Berikut ini 5 hal penting tentang life skill dan edukasi investasi finansial yang pendting dipelajari, yang gak diajarkan di sekolah menurut Raymond Chin.

BACA JUGA:Tips Manajemen Waktu dari Neneng, Duta Aksi Nusantara

1. Dalam Membuat Kesalahan

Skill yang paling penting adalah 'bagaimana kita bangkit kembali dari kesalahan', kita sebagai manusia tidak akan pernah lepas dari kesalahan. Tidak adil ketika seseorang melakukan kesalahan tetapi dimaki-maki dan dimarahi. Hal yang harus dilakukan adalah mengakui kesalahan,  analisa masalah kenapa resiko yang dihasilkan jelek, berikan pertanyaan sulit kepada diri sendiri, ambil pelajarannya dan praktekin ke risiko selanjutnya dan review perkembangannya. 

2. Mencari Kesempatan

Dalam pendidikan, siswa atau mahasiwa diajarkan bagaimana bekerja dengan baik, tetapi tidak diajarkan bagaimana mencari pekerjaan. Misalnya bagaimana cara pembuatan CV, tatakrama interview, platform online pencari kerja, mendapatkan relasi, atau freeelancer. Karena sebelum melewati fase edukasi, lalu masuk ke dunia kerja dan profesional hal ini perlu dipelajari karena merupakan bagian yang penting. Usahakan investasi skill mulai sekarang bagaimana mencari kesempatan yang  bagus.

BACA JUGA:Edukasi Pendidikan Sejarah Bagi si Kecil Melalui Film dengan Menonton Animasi Sejarah di Netflix

3. Mengatur Keuangan

Ada sebagian orang yang terbilang pintar namun dirinya terjebak pinjaman online atau terlilit utang. Penting sekali kita untuk mengatur keuangan dengan atur budgeting harus tahu gimana posisi keuangan arus masuk keluarnya, save dan invest uangnya nau taruh dimana, mengatur utang sebelum investasi terlebih dahulu, planning masa depan finansial jika terkumpul uang yang cukup banyak dan menjaga asset melalui risk manajement. Seumur hidup manusia akan selalu berurusan dnegan uang, jangan bergantung pada sekolah untuk belajar mengatur keuangan.

4. Interaksi Sosial

Disekolah umumnya terdapat 3 kategori siswa yaitu anak keren, anak yang dibully atau anak yang netral. Harus jadi perhatian, 3 hal ini dapat  membentuk psikologi dan cara bersosialisasi. Untuk bertahan hidup kamu harus memiliki skill sosialisasi seperti komunikasi yang efektif, resolusi konflik yaitu respon ketika terdapat perbedaan pendapat dan active listening  bagaimana cara kamu mendengarkan orang sehingga membuatmu pintar 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: