KAGAMA Lantik Pengurus Keluarga Alumni MDKIK Universitas Gadjah Mada

KAGAMA Lantik Pengurus Keluarga Alumni MDKIK Universitas Gadjah Mada

Pengurus pusat KAGAMA dan Pengurus KAPIMGAMA Universitas Gadjah Mada berfoto bersama-Dok Inforadar.id-

INFORADAR.ID - Pengurus Keluarga Alumni Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (KAPIMGAMA), Sekolah Pascasarjana (SPS), Universitas Gadjah Mada, dilantik oleh Pengurus Pusat KAGAMA.

Pelantikan KAPIMGAMA ini menjadi momen bersejarah bagi Universitas Gadjah Mada dengan lahirnya satu lagi keluarga alumni baru dibawah naungan Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA).

Acara yang diadakan di Gedung Sekolah Pascasarjana UGM dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting baik dari pihak Rektorat Universitas Gadjah Mada, Dekan dan Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana, para dosen, peneliti, alumni, serta mahasiswa.

“Kami berharap, KAPIMGAMA dapat berkontribusi dalam menghasilkan berbagai kebijakan bagi pembangunan bangsa dan negara,” kata Dekan Sekolah Pascasarjana UGM, Prof. Ir. Siti Malkamah, M.Sc., Ph.D saat memberikan pengarahan pada pelantikan pengurus KAPIMGAMA, Jumat 28 Juni 2024.

Prof Siti Malkamah juga mengakui bahwa KAPIMGAMA memiliki kekuatan melalui beragam profesi pengurusnya. Mulai dari politisi, akademisi, profesional, hingga pejabat negara.

“Perbedaan ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan kebijakan-kebijakan terbaik bagi Indonesia,” terang Prof Siti Malkamah.

Sementara itu, Ketua Umum KAPIMGAMA, Mayjen TNI (Purn.) Dr. Hassanudin, S.IP., M.M., menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya pelantikan ini.

"KAPIMGAMA merupakan organisasi alumni yang akan menjadi wadah silaturahmi dan interaksi antara alumni dan mahasiswa Program Studi Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan, Sekolah Pasca Sarjana UGM. baik dalam bidang akademik maupun non-akademik," ujar Dr. Hassanudin.

Think Tank Kepemimpinan Nasional

Ia mengharapkan, KAPIMGAMA menjadi forum “think-tank” yang akan berkontribusi dalam pemikiran strategis terkait kepemimpinan dan inovasi kebijakan. Termasuk kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka menyongsong visi besar NKRI menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045.

Menghadapi tantangan bangsa dan negara yang semakin komplek ke depan, sehubungan dengan pesatnya perkembangan teknologi digital dan dinamika global regional maupun nasional, Dr. Hassanudin menekankan pentingnya kontribusi alumni dalam membangun kebijakan inovatif untuk mensejahterakan rakyat.

"Peran alumni sangat strategis, baik di tingkat pusat maupun daerah, khususnya untuk menciptakan pemimpin-pemimpin inovatif yang mampu memberikan solusi terhadap tantangan bangsa yang dirasakan semakin kompleks saat ini," tegasnya.

Untuk itu, dengan komitmen dan tekad yang kuat, sesuai visi dan misi besarnya, KAPIMGAMA akan membangun ekosistem yang mampu mencetak kepemimpinan yang etis, bertanggung jawab, dan berintegritas.

Dengan latar belakang yang beragam dari berbagai sektor dan melalui sinergitas dengan berbagai elemen dan berbagai institusi lainnya, KAPIMGAMA yakin dapat mendorong terciptanya kepemimpinan dan kebijakan inovatif yang berlandaskan pada prinsip kebenaran dan keadilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: