Desa Sindangsari dan Untirta Gelar Workshop Jurnalistik dan Konten Warga

Desa Sindangsari dan Untirta Gelar Workshop Jurnalistik dan Konten Warga

Pemateri dan peserta workshop jurnalistik di Desa Sindangsari berforo bersama usai acara-Dok Inforadar.id-

INFORADAR.ID - Pemerintah Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang bersama dosen Untirta menggelar workshop jurnalistik dan konten warga. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen Untirta sekaligus pemberdayaan warga. 

Pengabdian bertema “Inisiasi Website Berbasis Konten Oleh Pengguna (User-generated-Content) di Kampung Literasi Sindangsari Kabupaten Serang sebagai Ruang Publik Digital” berlangsung di Aula Kantor Desa Sindangsari, dihadiri ketua tim pengabdian dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Untirta Atih Ardiansyah, Sekretaris Desa Sindangsari Hasanudin, dengan menghadirkan narasumber jurnalis Inforadar.id Daru Pamungkas.

Dosen FISIP Untirta Atih mengatakan, program pengabdian kepada masyarakat ini bersifat berkelanjutan. Tidak hanya acara seremonial, tetapi memiliki tujuan agar Desa Sindangsari memiliki media digital atau website yang memiliki produk konten-konten tulisan yang diproduksi oleh warga.

"Nanti pada pertemuan selanjutnya, website berisi konten warga Desa Sindangsari akan dilaunching. Kita berharap nanti diresmikan oleh Rektor Untirta," kata Atih kepada Inforadar.id, Minggu 30 Juni 2024.

Atih menargetkan, dari konten-konten tulisan yang diproduksi oleh warga Desa Sindangsari, tahun depan akan dibukukan dan menjadi karya yang layak untuk dibaca kalangan akademisi di Untirta maupun masyarakat umum.

"Maka dari itu, workshop ini merupakan tahap awal program pengabdian ini. Nanti goalnya akan kita terbitkan menjadi buku,” ujarnya.

Atih berharap program pengabdian ini menunjukkan perkembangan yang bagus, yang ditandai dengan partisipasi warga dalam produksi dan publikasi konten di website. Jika demikian, maka tidak menutup kemungkinan pengabdian di Desa Sindangsari ini akan menjadi percontohan untuk diterapkan di desa-desa lainnya di Provinsi Banten. Hal ini akan berdampak positif bagi desa-desa di Provinsi Banten.

Sekdes Sindangsari Hasanudin menyambut baik program pengabdian kepada masyarakat ini. Ia berharap, para dosen di Untirta mampu membuat warga Sindangsari memiliki kemampuan menulis agar bisa berdaya dan mandiri.

"Saya sangat mendukung karena program ini jelas bermanfaat bagi warga," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: