Tahu Fungsi VPN? Begini Kekurangannya, Kamu Perlu Tahu

Tahu Fungsi VPN? Begini Kekurangannya, Kamu Perlu Tahu

Potret ilustrasi penggunaan VPN.-@freepik-

INFORADAR.ID - VPN memiliki kepanjangan dari Virtual Private Network, sebuah teknologi yang memungkinkan kamu untuk membuat koneksi internet yang aman dan pribadi, meskipun kamu menggunakan jaringan publik seperti Wi-Fi di kafe atau bandara. 

Fungsi utama VPN adalah untuk memberikan keamanan dan privasi tambahan saat mengakses Internet, sehingga mampu memberikan kemudahan bagi kamu.

VPN ini juga memiliki fungsi lainnya guna keamanan data, melindungi privasi, mampu mengakses konten yang dibatasi, memberikan keamanan saat mengakses wifi publik, serta sebagai pembatas dan penyensor dalam mengakses internet.

Namun dari pada itu, VPN juga memiliki beberapa kekurangan dan bahaya, sebagaimana yang dilansir dari kominfo.kotabogor.go.id, antara lain:

BACA JUGA:Tips Perbaiki Masalah Tidak Ada Koneksi Internet di TikTok Terbaru

BACA JUGA:Pengaruh Penggunaan Meme di Amerika Terhadap Budaya Internet di Indonesia

1. Data Pribadi Rentan Terhadap Pencurian

Data pribadi pengguna yang rentan disimpan setiap kali penyedia layanan VPN melakukan suatu aktivitas. Informasi ponsel dapat digunakan untuk penjualan, peretasan, atau kejahatan

2. Menjadi Sarang Penipuan

Sangat mungkin bahwa data tersebut akan digunakan sebagai kejahatan dunia maya dalam bentuk penipuan sehubungan dengan informasi pribadi yang disimpan di VPN. 

Korban menganggap bahwa kamu sebagai penipu karena data yang digunakan dalam penipuan tersebut adalah milik kamu.

3. Koneksi Internet Tidak Efektif

Bahaya menggunakan VPN, terutama VPN gratis, adalah koneksi internet Anda melambat. Dengan kata lain, aplikasi ini justru bisa mengganggu aktivitas ponsel kamu.

BACA JUGA:Kenali Sisi Gelap Internet yang Belum Banyak Orang Tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: