Cara dan Syarat Mendaftar KIP Kuliah 2024, Peluang Emas untuk Pendidikan Berkualitas

Cara dan Syarat Mendaftar KIP Kuliah 2024, Peluang Emas untuk Pendidikan Berkualitas

Ilustrasi: Cara dan Syarat Mendaftar KIP Kuliah 2024--instagram.com

INFORADAR.ID - Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2024 atau KIP Kuliah 2024 adalah inisiatif pemerintah yang menyediakan bantuan pendidikan bagi siswa berpotensi akademik namun terkendala ekonomi.

Pada tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka pendaftaran KIP Kuliah 2024.

Melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), pemerintah mengajak siswa dari seluruh Indonesia untuk mendaftar dan memperoleh KIP Kuliah 2024.

Program ini memberikan bantuan biaya pendidikan dan uang saku bagi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) hingga mereka lulus.

Pendaftaran KIP Kuliah 2024 akan berbarengan dengan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, dimulai dari registrasi akun SNBP dan SNBT 2024.

Pendaftaran jalur prestasi/SNBP dibuka pada 14 Februari 2024, dan pendaftaran KIP Kuliah kemungkinan besar dimulai pada tanggal yang sama, berlanjut hingga penutupan jalur UTBK-SNBT dan jalur mandiri di masing-masing PTN.

Informasi lengkapnya dapat diakses melalui website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

BACA JUGA:12 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Karir di BUMN, Cek di Sini

Setiap penerima KIP Kuliah 2024 akan mendapatkan biaya belajar di perguruan tinggi hingga menyelesaikan studi.

Biaya tersebut mencakup bantuan uang saku yang diberikan setiap bulan dan bantuan pendidikan yang didapatkan per semester.

Besaran biaya bagi bantuan uang saku dan bantuan pendidikan tidak sama di tiap daerah, dibedakan berdasarkan klaster dan akreditasi dari prodi yang diambil.

Besaran Bantuan KIP Kuliah Merdeka

Untuk bantuan uang saku, besaran yang diberikan bervariasi sesuai klaster daerah:

1. Klaster 1: Rp800.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemdikbud.go.id