Tips Bebas Kolesterol di Idul Adha, Bisa Makan Enak dan Tetap Sehat

Tips Bebas Kolesterol di Idul Adha, Bisa Makan Enak dan Tetap Sehat

Ilustrasi bebas kolesterol-José Ignacio Pompé-unsplash

INFORADAR.ID - Umat Muslim kembali merayakan Hari Raya Idul Adha. Salah satu momen yang tidak terlewatkan dalam perayaan ini adalah menyajikan berbagai hidangan berbahan dasar daging yang menggugah selera.

Namun, hal ini sering membuat kita lupa akan berapa banyak porsi daging yang telah dikonsumsi. Padahal, daging memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi, yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bagaimana caranya agar kadar kolesterol tidak naik saat menikmati hidangan Idul Adha yang identik dengan olahan daging sapi atau kambing?

Idul Adha memang identik dengan hidangan serba daging, baik sapi maupun kambing. Makanan ini dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jika dikonsumsi berlebihan.

Kolesterol, dalam tingkat yang normal, baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Namun, jika berlebihan justru akan menimbulkan penyakit yang dapat mengganggu kebugaran tubuh.

BACA JUGA:Kuliner Khas Idul Adha di Nusantara, Nomor 3 Banten Punya

Melansir laman Kemenkes RI, inilah tips bebas kolesterol saat hari raya Idul Adha:

1. Mengatur Pola Makan yang Sehat

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengatur pola makan agar seimbang dan sehat. Ini termasuk membatasi konsumsi makanan tinggi kolesterol serta meningkatkan asupan sayur dan buah-buahan.

2. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mengurangi kadar kolesterol. Lakukan aktivitas fisik minimal 30-60 menit setiap hari, bahkan saat hari raya.

3. Mengatur Porsi Makan

Menjaga porsi makan dapat mencegah peningkatan berat badan yang drastis selama Idul Adha. Ini penting karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

4. Berhenti Merokok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes.go.id