Simaklah, Berikut 3 Tips Sukses Belajar Ketika Ujian Tanpa Harus Bergadang

Simaklah, Berikut 3 Tips Sukses Belajar Ketika Ujian Tanpa Harus Bergadang

Ilustrasi orang yang sedang merangkum materi --www. freepik.com / author/ mindandi

INFORADAR.ID - Waktu ujian mulai dekat, siapa nih yang kalau ujian masih menerapkan sistem kebut semalam (SKS) ?  Ternyata SKS justru merugikan kamu loh. 

Saat hari ujian tiba, kamu mungkin akan mengerjakan ujian dengan otak yang kurang fresh karena kelelahan dipaksa berpikir semalaman mempelajari materi untuk ujian. 

BACA JUGA:Mahasiswa Unsera Belajar Media Relation di Radar Banten

Kalau kamu sering begadang, tentu akan mempengaruhi kesehatan kamu, namun kamu bisa mempersiapkannya dari sebelum hari ujian kamu, agar dapat hasil yang maksimal.

Simak 3 tips belajar supaya sukses ujian tanpa harus begadang,diantaranya yaitu : 

1. Dengar & catat materi yang dipaparkan guru / dosen

Kalau mau menghindari begadang semalaman buat belajar ujian, kamu harus mencatat materi yang dijelaskan oleh guru / dosen. 

Kamu bisa membuat rangkuman materi, biasanya apa yang dijelaskan secara lisan oleh guru danmaterinya tidak ada dibuku bakal masuk disoal ujian loh, maka dari itu kamu dianjurkan untuk mencatat materi.

BACA JUGA:Mendekati Ujian Sekolah ? Berikut Tips Belajar Buat yang Suka Bergadang

2. Review ulang

 Setelah belajar disekolah / kampus kamu pasti lelah, namun ada hal yang harus kamu perhatikan yaitu kamu tetap harus mereview materi yang sudah dipelajari di sekolah, agar kamu paham dengan materi tersebut.

 Durasi waktu cukup 15-30 menit saja, dengan mereview materi, tentu materi akan mudah mengerti diotak atau akan menjadi memori.

BACA JUGA:Maba Harus Tahu, Kuliah Gak Cuma Belajar di Kelas

3. Buat jembatan keledai

Buat jembatan keledai adalah salah satu cara belajar yang sering dipakai kalau materi yang sulit dihafalin / diinget, sehingga kamu bisa ciptakan singkatan unik yang mudah diingat.

Contohnya : 

Satuan Panjang :

Km, Hm, Dam, M, Dm,Cm,Mm

Maka jembatan keledai adalah, Kalau Haus Dapat Minum Dalam Cangkir Minum.

Semoga tips sukses belajar tanpa bergadang diatas dapat membantu kamu sukses mengerjakan ujian sekolah dengan baik, sehingga mendapatkan nilai yang memuaskan ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: