Minum Kopi di Pagi Hari, Energi Maksimal atau Risiko Kesehatan Tersembunyi?

Minum Kopi di Pagi Hari, Energi Maksimal atau Risiko Kesehatan Tersembunyi?

Risiko kesehatan dari minum kopi di pagi hari.-Mike Kenneally-unsplash.com

INFORADAR.ID - Kopi sering dianggap sebagai eliksir ajaib yang dapat mengusir kantuk. Oleh karena itu, banyak yang percaya bahwa Kopi paling cocok diminum di pagi hari. 

Kafein dalam kopi dipercaya mampu memberikan energi yang luar biasa dan meningkatkan fokus hingga level dewa. Kafein, yang dapat larut dalam air dan lemak, dengan cepat meresap ke seluruh tubuh seperti kilat.

Namun, pagi hari sebenarnya bukanlah waktu terbaik untuk meneguk kopi. Terlebih lagi jika kopi diminum langsung setelah membuka mata. Hal ini justru dapat mereduksi keajaiban kopi yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari laman Halodoc, di pagi hari, hormon stres kortisol sedang berada di puncak tertinggi. Hormon ini memiliki peran krusial dalam meningkatkan fokus dan kewaspadaan kita dalam menjalani aktivitas. Kortisol juga berperan dalam mengatur metabolisme, tekanan darah, dan sistem kekebalan tubuh.

Mengetahui waktu yang tepat untuk meminum kopi dapat membantu memaksimalkan manfaatnya. Jika tujuan utama mengonsumsi kopi adalah untuk mengusir kantuk, waktu terbaik untuk menikmatinya adalah saat kadar kortisol mulai menurun. Mengacu pada penjelasan sebelumnya, minum kopi di pagi hari bukanlah pilihan yang bijak.

BACA JUGA:Selain Menjadi Penyedap Sayur Asem, Daun Melinjo Juga Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Agar kafein bekerja dengan maksimal dalam mengusir kantuk dan menambah energi, disarankan untuk minum kopi setelah pukul 10 pagi. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu jangan mengonsumsi kopi hanya untuk menahan kantuk semata.

Dengan lebih detail, berbagai sumber laman kesehatan mengatakan jika minum kopi di pagi hari menimbulkan beberapa potensi risiko untuk kesehatan. Diantaranya yaitu:

Potensi Risiko Minum Kopi di Pagi Hari

1. Gangguan Pencernaan

Kopi dapat merangsang produksi asam lambung, yang pada beberapa orang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas, refluks asam, dan iritasi lambung.

2. Kecemasan dan Gangguan Tidur

Kafein adalah stimulan kuat yang dapat meningkatkan kecemasan pada beberapa orang. Selain itu, konsumsi kopi yang berlebihan dapat mengganggu pola tidur, terutama jika diminum di sore atau malam hari.

3. Ketergantungan Kafein

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com