Negara-negara Produsen Batik di Dunia, Dominasi Indonesia Dalam Ancaman Persaingan Global

Negara-negara Produsen Batik di Dunia, Dominasi Indonesia Dalam Ancaman Persaingan Global

Momen Elon Musk mengenakan batik Indonesia.-anindyabakrie-instagram.com

INFORADAR.ID - Beberapa tahun lalu, dunia menyaksikan sebuah peristiwa bersejarah saat UNESCO mengakui batik sebagai warisan budaya asli Indonesia.

Ini bukan sekadar pengakuan, tetapi penegasan bahwa batik adalah mahkota kebudayaan Indonesia yang tak ternilai. Namun, kenyataan mengejutkan mengemuka: Indonesia bukan satu-satunya negara yang memproduksi batik. 

Meskipun demikian, Indonesia tetap memegang gelar sebagai produsen batik terbaik di dunia, walau persaingan semakin memanas.

Berdasarkan data terbaru dari Kementerian Perindustrian, ada 10 negara yang kini menantang dominasi Indonesia dalam produksi batik. Lima di antaranya adalah:

BACA JUGA:Filosofi Batik Banten, Batik Pertama yang Dipantenkan UNESCO

1. China

China menghadirkan batik dengan pola yang begitu rumit dan halus, menampilkan ragam hias satwa mitos seperti naga, burung phoenix, kura-kura, anjing berkepala singa, serta dewa dan dewi mereka.

Bahkan, hiasan bunga-bunga pun mereka sajikan dengan elegan. Batik China adalah seni yang hidup, memancarkan keindahan yang hampir mistis.

2. Malaysia

Persaingan batik antara Indonesia dan Malaysia mencapai titik didih saat Malaysia berani mengklaim batik sebagai kebudayaan asli mereka.

Batik Malaysia hadir dengan corak yang berbeda dari Indonesia, terdiri dari dua bentuk utama: motif organik yang mengalir dan motif geometrik yang presisi. Ini adalah duel keindahan yang membara di kancah budaya.

BACA JUGA:7 Motif Batik Banten Terpopuler: Cek Nama dan Artinya, Ternyata Unik Unik Banget!

3. Thailand

Batik Thailand mempesona dengan corak dan warna yang cerah dan penuh kehidupan, terinspirasi dari motif hewani dan nabati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementerian perindustrian