SEINT 2024 Hadirkan Pembicara dari Tiga Negara

SEINT 2024 Hadirkan Pembicara dari Tiga Negara

SEINT 2024 UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.-HMPS Ekonomi Syariah UIN Banten.-

INFORADAR.ID – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, menggelar acara Sharia Economic International Event (SEINT) pada Selasa, 4 Juni 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN SMH Banten, Jalan Syekh Mohammad Nawawi Al-Bantani, Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang hadirkan pembicara dari Negara Eropa.

SEINT merupakan kegiatan internasional pertama yang diselenggarakan oleh HMPS Ekonomi Syariah UIN SMH Banten. Kegiatan ini pun diapresiasi oleh petinggi kampus UIN SMH Banten. Seperti hadir dalam acara tersebut Dekan Prof. Nihayatul Masykuroh, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Budi Sudrajat, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan Dr. Itang, dam Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Wazin.

Ketua pelaksana Muhammad Hidayatulloh mengungkapkan, SEINT menjadi tempat bagi mahasiswa se-ASEAN yang ingin mendalami penulisan esai.

“Menambah wawasan peserta mengenai tema yang dibawakan dan menggali bakat terpendam yang dimiliki oleh para peserta mengenai kepenulisan esai,” kata Hidayatulloh saat diwawancarai oleh tim Gen RB.

Dalam menunjukan keseriusan mengadakan seminar internasional, HMPS Ekonomi Syariah UIN SMH Banten hadirkan pembicara dari tiga negara. Pembicara tersebut diantaranya Peneliti dan Konsultan Ekonomi di Leicester, Inggris Prof. Seif Ibrahim El-Din Tag El-Di, Departemen Syariah dan Ekonomi Akademi Kajian Islam dari Malaysia Prof. Dr. Mohammad Taqiuddin Bin Mohamad, Direktur GI BEI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Mega Noerman Ningtyas, dan Presiden Direktur PT.Syariah Saham Indonesia Ady Nugraha.

Sebanyak 220 peserta antusias mengikuti kegiatan SEINT 2024 dengan mengusung tema Chasing The Future With Global Sharia Capital Market Insight. Selain dilaksanakan di UIN SMH Banten, seminar internasional ini juga dilaksanakan secara online di Zoom Meeting.

Dalam seminar tersebut, pembicara memberikan pengetahuan mengenai Pasar Modal Syariah di dunia. Peserta seminar juga berkesempatan mengajukan pertanyaan kepada setiap pembicara dari tiga negara.

Selain seminar internasional, SEINT 2024 juga mengadakan kompetisi esai yang telah dilaksanakan sejak 29 April 2024. Para pemenang kemudian diumumkan dibarengi dengan dilaksanakannya seminar internasional.

Terdapat empat pemenang dari 23 peserta yang daftar. Para pemenang tersebut yaitu tim dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, kemudian disusul oleh tim IPB dan tim Safaza. Semntara kategori Best paper dimenangkan oleh tim UIN SMH Banten. 

Dengan terlaksananya kegiatan SEINT pertama, Hidayatulloh berharap kedepannya mahasiswa Ekonomi Syariah UIN SMH Banten bisa lebih mengenal Pasar Modal Syariah di dunia.

“Semoga dengan diadakannya acara ini dapat menjadikan motivasi dan inspirasi bagi seluruh peserta dan mahasiswa ekonomi syariah. Sehingga dapat lebih mengenal mengenai Pasar Modal Syariah, dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Harap Hidayatulloh. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: