Melatih Soft Skill Mahasiswa, UKM Kewirausahaan Untirta Adakan Webinar Public Speaking Training

Melatih Soft Skill Mahasiswa, UKM Kewirausahaan Untirta  Adakan Webinar Public Speaking Training

-IG UKM Kewirausahaan Untirta-

INFORADAR.ID - UKM Kewirausahaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali mengadakan webinar untuk melatih kemampuan hard skill dan soft skill mahasiswa. webinar kali ini berfokus untuk melatih kemampuan public speaking mahasiswa Untirta

Webinar Public Speaking Training ini diadakan oleh UKM Kewirausahaan Untirta pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 08:00 - 12:00 WIB. Webinar ini berlangsung secara online melalui Aplikasi Zoom. Peserta webinar kali ini difokuskan untuk mahasiswa Untirta. 

Tema yang diangkat dalam Webinar Public Speaking Training ini yaitu "Know Yourself, Build Your Skill and Speak With Us". Webinar ini diisi oleh Muhammad Rizkhi yang merupakan alumni Untirta. Selain telah dibekali dengan sertifikasi public speaking, Rizkhi juga telah berpengalaman dalam bidang digital marketing dan pelatihan. 

Dalam webinar tersebut dijelaskan lebih jauh bagaimana public speaking dapat membentuk pribadi seseorang menjadi lebih baik dalam hal personal branding, memengaruhi banyak orang, menyusun kata-kata dengan optimal, dan berkomunikasi dengan efektif. Rizkhi mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam public speaking yaitu dengan menentukan tujuan presentasi, mengenal audiens, mempersiapkan isi presentasi, melakukan latihan, dan mempersiapkan mental. 

Pada webinar tersebut juga disampaikan bagaimana bahasa tubuh sangat memberikan kesan yang mendalam ketika seseorang berbicara. Maka perlu adanya kotak mata, postur tubuh, gerakan tangan, dan ekspresi wajah yang sesuai ketika tengah berbicara di depan umum.  Kesalahan yang sering dilakukan pemula ketika public speaking yaitu volume suara yang terlalu keras atau pun kecil, terlalu cepat ketika berbicara, vokal yang tidak jelas, tidak ada jeda ketika berbicara, dan terdapat filler words. 

Terakhir Rizkhi memberikan tips untuk mengatasi grogi ketika public speaking, yaitu dapat dilakukan dengan latihan, memahami kecemasan adalah hal yang normal terjadi, dan melakukan pemanasan sebelum seseorang itu berbicara di depan umum. 

Dibalik kesuksesan acara webinar ini, terdapat kerja keras dari pada panitia dalam mempersiapkan acara. Sekretaris Umum UKM Kewirausahaan Untirta sekaligus panitia acara webinar kali ini, Shohifatul Jannah, mengatakan bahwa untuk mempersiapkan acara ini para panitia berusaha untuk mencari pemateri yang kompeten, mengajak seluruh anggota UKM Kewirausahaan serta mahasiswa Untirta untuk mengikuti kegiatan tersebut, dan mempersiapkan segala hal terkait teknis acara. 

Mahasiswi jurusan Manajemen angkatan 2022 tersebut mengatakan bahwa selama acara terdapat beberapa kendala yang harus dihadapin. Namun, kendala tersebut masih dapat diatasi dengan baik. 

"Kendala jaringan dari operator ataupun perbedaan waktu dengan pemateri membuat sedikit mengulur waktu," jelas Ifa ketika diwawancarai (25/05/2024). 

Ifa juga menyampaikan harapannya untuk seluruh peserta webinar agar apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk peserta dan dapat dipraktekkan secara langsung sehingga kemampuan peserta dalam bidang public speaking dapat lebih baik. 

Salah satu peserta webinar tersebut, Tia Monika, turut menyampaikan antusiasmenya terhadap webinar yang telah berlangsung tersebut. Mahasiswi jurusan Pendidikan Pancasila tersebut mengatakan bahwa webinar tersebut sangat menarik dan memberikan pengetahuan baru kepadanya. Penjelasan dari pemateri disampaikan dengan sangat baik dan tidak membosankan serta peserta diajak untuk praktek secara langsung. 

Tia berpesan untuk para peserta yang saat ini tengah mendalami bidang public speaking untuk tetap semangat berlatih sampai ahli dalam bidang public speaking. Selain itu, Tia juga menyampaikan untuk memfokuskan kemampuan pada diri sendiri dan tidak mudah insecure dengan kemampuan yang telah dimiliki orang lain. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: