Tips untuk Para Gen Z: Sebelum Putuskan Nikah Muda, Kenali Diri Sendiri Lebih Dulu

Tips untuk Para Gen Z: Sebelum Putuskan Nikah Muda, Kenali Diri Sendiri Lebih Dulu

-Pinterest-

INFORADAR.ID- Beberapa diantara kita mungkin pernah merasa ada dalam tekanan untuk dapat menikah di usia muda, terutama ketika mencapai usia 20-an. Namun, sebelum memutuskan untuk mengambil langkah besar tersebut, sangat penting untuk mengenali diri sendiri terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Gen Z sebelum memutuskan untuk menikah muda ala Zahwa Islami seorang Psikiater juga penulis buku Cetak Biru Cinta melalui kanal YouTube Cauldron Talks:

1. Evaluasi diri dan hubungan 

Sebelum memutuskan untuk menikah muda, penting untuk melakukan evaluasi diri dan hubungan kalian. Tanya pada diri sendiri, apakah kalian siap secara emosional dan mental untuk berbagi hidup dengan orang lain? Evaluasi juga hubungan kalian, apakah hubungan tersebut didasarkan pada cinta dan saling pengertian? Mengambil waktu untuk memahami perasaan dan kebutuhan kalian dapat membantu menghindari keputusan yang tergesa-gesa.

 

2. Konsistensi dalam pengambilan keputusan

Konsistensi adalah kunci dalam pengambilan keputusan besar seperti pernikahan. Pastikan bahwa keputusan yang kalian ambil bukan karena tekanan dari orang tua atau orang sekitar, melainkan karena kalian merasa benar-benar siap. Ketidakpastian dan tekanan dari pihak luar sering kali dapat mengaburkan penilaian kalian, jadi penting untuk memastikan bahwa keputusan ini adalah yang terbaik untuk kalian.

 

3. Mendiskusikan harapan dan tujuan pada pasangan kalian

Komunikasi yang terbuka dan jujur dengan pasangan mengenai harapan dan tujuan hidup adalah penting. Diskusikan rencana masa depan, anak, karir, dan bagaimana kalian berdua melihat masa depan bersama. Memiliki pemahaman yang jelas mengenai harapan masing-masing dapat membantu menghindari konflik di kemudian hari.

 

4. Pahami konsekuensi karir dan kehidupan

Pertimbangkan bagaimana pernikahan akan mempengaruhi karir dan kehidupan pribadi. Seperti yang dijelaskan oleh seorang Zahwa, siapa yang kalian nikahi adalah keputusan karir terbesar dalam hidup. Pastikan kalian untuk memahami konsekuensi dari pernikahan terhadap perkembangan karir dan kehidupan pribadi, dan bagaimana kalian akan menyeimbangkan keduanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: