7 Makanan Ini Bisa Bantu Mencegah Penyakit Jantung: Nomor 3 Mudah Ditemui!

7 Makanan Ini Bisa Bantu Mencegah Penyakit Jantung: Nomor 3 Mudah Ditemui!

Ilustrasi makanan yang bisa bantu mencegah penyakit jantung-Freepik/mengusai1305-

4.Alpukat

BACA JUGA:9 Pilihan Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi, Bantu Jaga Kesehatan Jantung Kamu

Penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, seperti yang ditemukan dalam alpukat, baik untuk kesehatan jantung karena alpukat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat  LDL dan meningkatkan kolesterol HDL baik. Buah-buahan hijau ini juga kaya akan serat makanan.

5.Ikan

Meskipun banyak penelitian tentang asam lemak omega-3 ini berfokus pada kesehatan otak, zat antiinflamasi yang kuat ini juga bermanfaat bagi jantung. Penelitian menunjukkan bahwa peradangan  dalam tubuh berhubungan dengan banyak penyakit dan kondisi kronis, termasuk penumpukan plak. Mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon dan mackerel merupakan salah satu cara mendapatkan asam lemak omega-3. Oleh karena itu, usahakan makan ikan minimal dua kali  seminggu.

6.Coklat

Biji kakao kaya akan flavanol, senyawa tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan dan  bermanfaat bagi jantung. Analisis coklat tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition menemukan bahwa orang yang makan coklat secara teratur dan dalam jumlah sedang dapat memberikan manfaat bagi kesehatannya.

7.Kentang

Kentang kaya akan potasium, dua kali lebih banyak dari rata-rata pisang dan juga mengandung serat dalam jumlah sedang. Oleh karena itu, kentang bisa menjadi pilihan yang sangat sehat, asalkan tidak digoreng atau diolesi mentega atau krim asam.

Itulah beberapa makanan yang membantu mencegah penyakit jantung, yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah penyakit jantung. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: