Tahun Ini, Perpustakaan Untirta Targetkan Akreditasi dan Terbitkan 260 Buku Ajar

Tahun Ini, Perpustakaan Untirta Targetkan Akreditasi dan Terbitkan 260 Buku Ajar

Kepala Perpustakaan Untirta Firman saat menyampaikan sambutan pada acara workshop-Humas Untirta-

INFORADAR.ID - Unit Penunjang Akademik atau UPA Perpustakaan Untirta tahun ini menargetkan akreditasi dan menerbitkan sebanyak 260 buku ajar.

Hal itu terungkap ketika acara 'Workshop Pengintegrasian Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan' pada Selasa, 23 April 2024, yang bertepatan dengan Hari Buku Sedunia.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I Dr. Rusmana, Ir., M.P., Kepala UPA Perpustakaan Untirta Dr. Firman Hadiansyah, M.Hum., dan tim serta Narasumber Kegiatan dari akademisi dari Vokasi MRA UI Hendro Wicaksono.

Kepala UPA Perpustakaan Untirta Firman mengatakan, Perpustakaan Untirta sedang mencoba meningkatkan kapasitasnya dengan SDM yang dimiliki, serta mampu mengitergrasikan buku dalam hal pelayanan dan SDM. 

"Tahun ini, kami juga menargetkan akreditasi dan menerbitkan sebanyak 260 buku ajar," kata Firman.

Dijelaskan Firman, Peprustakaan Untirta sudah terintegrasi dengan berbagai Fakultas di Untirta. Pihaknya juga mendapat dukungan Rektor untuk bertemu dengan Kepala Perpusnas, Sekretaris Utama, serta beberapa direktorat dan kepala pusat yang membidangi akreditasi dan peningkatan SDM, dalam upaya  mencoba untuk menjalin kerja sama.

"Alhamdulillah responsnya positif, kami juga banyak dapat pekerjaan tambahan dari Pak Rektor yang meminta penerbitan di perpustakaan kami untuk menerbitkan 260 buku ajar, juga mengecek soal ISBN. Karena 260 buku ajar ini harus diselesaikan dan Alhamdulillah prosesnya sudah dilakukan, tetapi hsrus di-SK-kan dahulu dari Universitas," ujarnya.

BACA JUGA:Jalin Hubungan dengan Law Firm Australia, Mahasiswa dan Alumni Untirta Bisa Berkesempatan Magang di Australia

Dr. Rusmana mengatakan, Perpustakaan Untirta saat ini sedang berpacu dengan waktu terkait dengan akreditasi karena akreditasi UPA Perpustakaan harus segera terbit karena juga merupakan garda dalam peningkatan mutu di Untirta. 

"Indikator yang diharapkan adalah kepuasan pelayanan dan cerminnya adalah akibat dari beberapa komponen seperti SDM, fasilitas termasuk sistem tadi. Sekarang sudah zamannya digital tapi kita coba sesuaikan dan kombinasikan dengan cara tradisional dan modern. Jangan terhenti soal peningkatakan SDM dan proses akreditasinya," imbuhnya.

Hendro mengatakan, soal arah TIK di Untirta sudah berkembang dengan bagus. sementara langkah dalam peningktakan TIK di perpustakaan itu menurutnya adalah diistilahkan dengan otomasi perpustakaan. Otomasi perpustakaan di Untirta menurutnya, langkah ini juga membutuhkan lebih banyak space karena harus memiliki alat dan pemrograman komputer yang canggih dan terukur.

"Perpustakaan itu jika dilihat lebih jauhnya adalah fungsi rekreasi, dan sosialisasi. Meski digitalisasi tetapi orang tetap butuh sosialisasi dan berinteraksi karena kita adalah makhluk sosial," ujarnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: