Cara Mencegah Tapjacking, Pencurian Uang dari Game atau Iklan di Ponsel Android Samsung dan Xiaomi

Cara Mencegah Tapjacking, Pencurian Uang dari Game atau Iklan di Ponsel Android Samsung dan Xiaomi

Ilustrasi kejahatan hacker melalui tapjacking di ponsel android-IStock/z1b-

INFORADAR.ID – Bagi kamu pengguna hp android merek Samsung dan Xiaomi wajib waspada nih, soalnya sekarang lagi ramai soal kasus game atau iklan pencuri uang hingga bisa akses kode OTP di nomer WhatsApp kamu.

Hal ini perlu diwaspadai  pengguna android terutama merek samsung dan xiaomi lantaran modus pencurian uang ini dilakukan dengan cara yang sangat manipulatif, berupa game atau iklan yang bisa tiba-tiba muncul di layar ponsel kamu.

Tentu siapapun tak akan menginginkan hal ini terjadi, maka dari itu, pengguna android samsung dan xiaomi sebaiknya memperhatikan hal ini agar tidak jadi korban pencurian uang melalui game atau iklan ini.

Akun TikTok @Mr Bert menyampaikan bahwa modus pencurian dari game atau iklan ini dinamakan Tapjacking. Tap jacking adalah aplikasi yang bekerja menjalankan sistem multitasking.

“Tapjacking ini Aplikasi yang berjalan di atas aplikasi lain, hanya hp Iphone yang bisa membatasi fitur dan menghalau sistem tapjacking ini, kata Mr Bert.

Mr Bert juga menunjukkan pola kerja tapjacking yang bisa muncul di ponsel android berupa game yang padahal, pengguna android itu tidak mendownload atau menginstal game tersebut.

Game itu berupa tap-tap bola yang ada di layar ponsel dengan background gelap, secara tidak sadar, pengguna permainan itu sedang mengetikkan kode yang bisa meretas dan membuka kode OTP di ponsel pengguna.

Game itu bisa keluar dalam bentuk iklan di aplikasi yang lain, kata MR Bertm meski tidak semua game tersebut bukan semuanya merupakan tapjacking, namun pengguna tidak tahu itu tapjacking atau bukan.

Modus tapjacking ini, kata MR Bert, merupakan ulah dari hacker yang kreatif dalam memanipulasi aktivitas pengguna ponsel android.

Dijelaskan MR Bert, Tapjacking sudah ada sejak tujuh tahun lalu, tetapi tapjacking kali ini bisa menyebar dari iklan game dan banyak aplikasi lain sehingga lebih canggih.

“Korbannya pernah ada seorang ibu-ibu dari Bogor terkena pencurian uang dari tapjacking ini sebesar Rp680 Juta,” jelasnya.

Berdasarkan penelusuran INFORADAR.ID, salah satu cara agar mencegah tapjacking ialah menghapus aplikasi game yang mengandung virus, terutama di ponsel android.

Cara lainnya ialah menghubungkan ponsel ke DNS Aguard. DNS Aguard sendiri merupakan fitur layanan yang bisa memblokir iklan dari internet tanpa menginstal aplikasi wajib. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: