Tips Atasi Mabuk Laut Saat Mudik Lebaran 2024

Tips Atasi Mabuk Laut Saat Mudik Lebaran 2024

Tips Atasi Mabuk Saat Mudik--freepik

INFORADAR.ID - Mabuk laut disebabkan oleh gerakan yang berulang-ulang selama perjalanan dengan kapal, seperti benturan ombak dan akselerasi kapal.

gejala mabuk laut ini dipersepsikan oleh sistem keseimbangan tubuh, yaitu sistem vestibular pada telinga bagian dalam, penglihatan, kulit, dan otot. 

Mabuk laut diakibatkan oleh perbedaan persepsi yang diterima oleh sistem keseimbangan tubuh.

Gejala umum mabuk laut antara lain pusing, mual dan muntah, air liur meningkat, berkeringat, lemas, mati rasa, bersendawa, dan peningkatan suhu tubuh. 

Berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi mabuk laut selama perjalanan mudik.

1. Cari Udara Segar

Dianjurkan untuk tidak tinggal di kapal, di kamar Anda atau di ruang tertutup. Lebih baik melihat lanskap di sekitarnya.

Dengan cara ini, mata dapat belajar tentang gerakan dari lanskap yang berubah dan beradaptasi dengan rangsangan dari sistem vestibular.

Mereka juga akan dapat sedikit mengantisipasi gerakan kapal, seperti kapan harus memperlambat, mempercepat atau berhenti. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan mabuk laut. Posisi terbaik untuk mencegah mabuk laut saat berada di atas kapal adalah duduk di bagian tengah kapal.

2. Hindari Bepergian dengan Perut Kosong

Saat melakukan perjalanan jauh, penting untuk mengisi perut terlebih dahulu dengan jenis makanan yang direkomendasikan, misalnya makanan rendah lemak. Asupan cairan yang cukup juga sangat penting. Ingatlah untuk tidak makan berlebihan dan makanlah secukupnya.

Saat perut kosong, asam lambung akan meningkat. Hal ini dapat memperburuk gejala mabuk laut dengan menyebabkan pusing, mual, dan muntah.

BACA JUGA:Tips Bawa Anak Sholat Ied Lebaran, Gak Bakal Rewel

3. Mengunyah

Bahkan dengan camilan favorit Anda, Anda dapat melakukan sesuatu untuk menghilangkan mabuk laut. Mengonsumsi camilan selama perjalanan dengan kapal dapat mengurangi mabuk laut. Cara yang lebih praktis untuk meredakan mabuk laut adalah dengan mengunyah permen karet.

4. Lakukan Kegiatan yang Dapat Mengalihkan Perhatian

Metode pengalihan perhatian termasuk mendengarkan musik, menghirup aromaterapi, dan tidur. Tindakan-tindakan ini diharapkan dapat mengalihkan perhatian dari rasa pusing dan mual yang disebabkan oleh mabuk laut.

5. Hindari Bau yang Menyengat

Salah satu cara untuk mengurangi mabuk laut adalah dengan menghindari bau yang menyengat.

Bau yang menyengat, seperti asap rokok atau makanan yang tidak sedap, dapat memperparah rasa mual dan muntah selama perjalanan dengan kapal. Hal ini karena bau yang tidak sedap meningkatkan ketidaknyamanan dan memperkuat perasaan mabuk laut.

Untuk menghindari bau yang menyengat, pilihlah tempat duduk yang jauh dari sumber bau yang mengganggu.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi mabuk laut saat melakukan perjalanan mudik dengan kapal laut. Kami harap cara-cara tersebut bermanfaat dan perjalanan pulang Anda berjalan lancar!

BACA JUGA:6 Barang yang Mesti Dibawa Pada Mudik 2024 Memakai Bus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: