Bad Mood Gak Hilang - Hilang? Yuk Ikuti 6 Cara Atasinya

Bad Mood Gak Hilang - Hilang? Yuk Ikuti 6 Cara Atasinya

Cara Atasi Rasa Bad Mood--freepik

INFORADAR.ID - Bad Mood yang buruk dapat disebabkan oleh berbagai alasan, seperti tekanan pekerjaan, patah hati, atau kesal karena sesuatu yang sepele. 

Bad Mood yang buruk menyebabkan pelepasan berbagai zat kimia dan hormon stres di otak yang mempengaruhi kesehatan.

Untuk mengatasinya rasa bad mood, dibutuhkan mood booster untuk memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi. 

Ketika Anda merasa lebih baik, aktivitas pun menjadi lebih menyenangkan, yang tentunya berpengaruh pada produktivitas Anda.

Ada berbagai macam penyebab suasana hati yang buruk. Misalnya, kegagalan, kelelahan karena bekerja terlalu keras, rasa bersalah, kurang percaya diri, atau tidak makan.

Ada banyak alasan untuk mengalami suasana hati yang buruk. Namun, hal tersebut dapat diatasi:

1. Menenangkan Diri

Suara hati sering kali memancing pikiran negatif. Terlalu banyak memikirkan masalah yang terus menerus dapat membuat Anda merasa lebih buruk.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak memikirkan masalah terlalu lama dan berlatihlah teknik-teknik kesadaran seperti latihan pernapasan dan meditasi untuk menenangkan diri.

Berfokus pada latihan pernapasan dapat membantu Anda mendapatkan kembali kedamaian batin. Tarik napas dan lepaskan beban dan masalah yang terus memenuhi pikiran Anda.

2. Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Belas kasihan pada diri sendiri sangat berharga dan membantu menyingkirkan suasana hati yang buruk. Caranya adalah dengan melihat diri Anda apa adanya.

Daripada terus memikirkan masalah dan mencari tahu apa yang salah, lebih baik menerima semuanya dan melihat diri Anda sebagai seorang manusia.

Sebagai manusia, kita bukannya tidak memiliki kesalahan. Tapi kita bisa memperbaiki kesalahan kita dan mencoba menjadi lebih baik.

Ingatlah bahwa tidak semua hal terjadi sekaligus. Menghilangkan perasaan buruk ini adalah sebuah proses dan semuanya dimulai dari diri Anda sendiri.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Bad mood adalah perubahan suasana hati dari baik menjadi buruk. Untuk mengatasinya, diperlukan aktivitas yang merangsang pelepasan hormon kebahagiaan atau endorfin.

Endorfin membantu menyembuhkan rasa sakit dan stres yang disebabkan oleh suasana hati yang buruk. Pelepasan endorfin dirangsang oleh aktivitas fisik.

Dalam hal ini, olahraga beregu seperti bola basket atau bola voli dapat menjadi cara yang bagus untuk mengatasi suasana hati yang buruk.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu sendirian, cobalah berjalan kaki atau bersepeda agar tubuh Anda tetap aktif dan suasana hati Anda tetap terjaga.

4. Berkumpul dengan Orang Terdekat

Bagi sebagian orang, bertemu dengan seseorang yang dekat dengan mereka, seperti teman atau anggota keluarga, merupakan cara yang efektif untuk meredakan suasana hati yang buruk.

Tidak ada salahnya menghabiskan waktu untuk melampiaskan emosi untuk bersantai jika memang itu yang Anda butuhkan.

Hal ini dapat dilakukan secara online atau offline, tergantung pada kebutuhan Anda.

5. Menonton Sesuatu yang Menyenangkan

Pendorong suasana hati mungkin tidak memiliki bentuk fisik, tetapi dapat dilihat melalui perangkat digital. Suasana hati kita bisa berhasil dikendalikan jika kita melihat hal-hal yang membuat kita merasa lebih baik.

Hal sederhana ini dapat mengatasi gejala bad mood yang dapat berujung pada depresi jika tidak segera diatasi.

Hal-hal yang menyenangkan dapat membuat orang tertawa dan meringankan stres akibat bad mood yang tidak kunjung hilang.

Caranya, cobalah menonton video-video lucu di Internet, misalnya video hewan yang bertingkah konyol atau film komedi favorit Anda yang seru dan lucu.

6. Beristirahat atau Tidur Siang

Suasana hati yang buruk juga bisa disebabkan oleh tubuh yang lelah karena merasakan ketegangan dari banyak hal dalam hidup.

Oleh karena itu, cobalah berbaring sejenak di sofa atau di ruang relaksasi di kantor. Pejamkan mata dan lupakan sejenak masalah yang ada di pikiran Anda.

Jika memungkinkan, tidurlah sejenak dan beristirahatlah sepenuhnya. Dengan cara ini rasa kantuk akan hilang dan Anda akan merasa lebih baik.

Itulah cara atasi bad mood. Semoga informasi ini bisa membantu kamu yah!.(*)

BACA JUGA : Tips Aman dan Nyaman untuk Perjalanan Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: