Sukseskan Mudik 2024, PMI Provinsi Banten Turunkan 518 Relawan

Sukseskan Mudik 2024, PMI Provinsi Banten Turunkan 518 Relawan

Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah saat melakukan simbolis pelepasan Ambulans untuk mensukseskan mudik 2024--RADARBANTEN.CO.ID/ Ahmad Rizal Ramdhani

INFORADAR.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten telah menyiapkan 518 relawan untuk menyukseskan arus mudik dan balik Lebaran 2024. 

Relawan tersebut akan disebar ke 50 posko mudik yang ada di provinsi Banten.

Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasana mengatakan pihaknya menyelenggarakan apel gelar pasukan tahun ini untuk mengukur kesiapan relawan yang akan diterjunkan pada saat arus mudik dan arus balik, serta mengurus logistik yang diperlukan saat mereka memulai misi.

"Jadi kita tadi sudah melaksanakan gelar pasukan relawan PMI pertama untuk peringatan hari kesiap siagaan bencana kemudian juga untuk disebar ke posko lebaran di seluruh Provinsi Banten," ujarnya dikutip dari RADARBANTEN.CO.ID pada Rabu, 3 April 2024.

Pada libur lebaran tahun ini, PMI Provinsi Banten akan menerjunkan 518 relawan yang tersebar di 50 titik. Selain itu, 14 ambulans dan empat mobil jenazah juga telah disiagakan.

BACA JUGA : Malas Mudik Karena Alasan Macet? Jangan Mudik di Tanggal Ini Deh, Dijamin Lancar Jaya

"Relawannya ada 518, ada di 50 titik yang nanti tersebar termasuk di penyebrangan Merak. Pelaksanaan dari tanggal 3 sampai tanggal sampai 19 April," terangnya.

Relawan PMI kemudian akan bergabung dengan petugas dari TNI, Polri, dan pemerintah daerah yang akan dikirim ke posko mudik di tahun 2024.

"Obat-obatan disiapkan mereka ini kan bergabung dengan dari TNI, Polri, kemudian dari Pemprov dan Pemda juga dan lainnya mereka tergabung dalam posko. Karena ini kegiatan rutin biasanya mereka sudah berbagi tugas," katanya.

Tatu juga meminta para relawan untuk fokus pada tugas mereka dan mengikuti instruksi yang diberikan saat istirahat dengan tim lain yang sedang bertugas.

"Karena di arus mudik dan arus balik ini pergerakan atau mobilitas masyarakat sangat tinggi dan bisanya kecelakaan juga cukup lumayan, tentunya mereka harus taat dan patuh terhadap aturan-aturan yang ditentukan supaya tidak mencelakakan diri mereka," ucapnya.

Ia juga menghimbau para relawan arus mudik dan balik Lebaran 2024 untuk selalu menjaga kesehatan. Hal ini juga karena kondisi cuaca juga masih tidak menentu.(*)

BACA JUGA : Alhamdulillah, Selama Mudik 2024 Jasa Marga Berikan Diskon Tol 20 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: