Mahasiswa KPI UIN Banten Launching Dua Buku

Mahasiswa KPI UIN Banten Launching Dua Buku

Acara launching buku mahasiswa KPI UIN Banten-Ahmad Wayang-

INFORADAR.ID - Dua buku mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten di-launching, Rabu (27/03/2024). buku tersebut berjudul Ruang Lingkup Media Online dan Transformasi Dakwah Digital. 

Ketua jurusan Prodi KPI Tb. Nurwahyu dalam sambutannya mengapresiasi atas terbitnya buku karya mahasiswa ini. "Acara launching buku ini merupakan aganda rutin yang kami selenggarakan setiap tahunnya. Dan kami sangat mengapresiasi atas terbitnya buku ini," ujar Tb. Nurwahyu di Aula lantai 3 Fakultas Dakwah UIN SMH Banten. 

Tb. Nurwahyu juga bercerita bahwa pada hari-hari yang lalu, ada beberapa mahasiswa yang pernah curhat kepadanya perihal susahnya menuangkan gagasan lewat tulisan. "Pernah ada curhatan dari mahasiswa bahwa untuk memulai sebuah tulisan itu susah sekali. Tapi sekarang terbukti bahwa mahasiswa yang curhat itu bisa menulis. Dan namanya ada di dalam buku ini. Tentu ini tak lepas dari bimbingan dosen pengampu Bapak Sobirin," sambungnya. 

Wakil Dekan 3 Fakultas Dakwah Helmi Faizi Bahrul Ulumi juga turut mengapresiasi atas lahirnya dua buku karya mahasiswa KPI tersebut. "Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal bagi teman-teman mahasiswa untuk terus menulis. Kedepan, semoga bisa produktif menulis," ujarnya, kemudian melaunching buku. 

Ditemui di tempat yang sama, dosen pengampu Mata Kuliah Penulisan Feature, Sobirin mengatakan bahwa buku Ruang Lingkup Media Online ini berisi mengenai ruang lingkup sejumlah media online, mulai dari radarbanten.com, detik.com, tempo.co, hingga Obsession Media Group. "Lewat buku ini kita bisa membaca dan melihat bagaimana perjalanan sebuah media dari waktu ke waktu dalam menyebarkan informasi atau menebarkan nilai-niai dakwah lewat tulisan, sesuai dengan visi dan misi yang dibawa dari media online," katanya kepada wartawan. 

Masih dikatakan Sobirin, buku Transformasi Dakwah Digital berisikan perjalanan para da'i yang memanfaatkan media sosial seperti facebook, youtube dan lain-lain sebagi sarana untuk berdakwah. Fenomena dakwah digital terus dimanfaatkan oleh para ustadz maupun ustadzah untuk lebih bisa menjangkau mad'u (objek dakwah) seluas-luasnya lewat dakwah yang disiarkan secara digital. 

"Dalam buku ini dijelaskan juga berbagai profil dan perjalanan para da'i dalam mensyiarkan dakwah lewat media digital. Mulai dari Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Solmed dan lain-lain," terangnya. 

Komarudin, mahasiswa KPI UIN Banten yang juga penulis buku mengaku sangat senang atas terbitnya buku ini. "Alhamdulilah buku pertama saya berhasil terbit dengan teman-teman kelas. Terima kasih kepada Bapak Sobirin yang telah membimbing kami dengan sabar," katanya. 

Mahmudin, ketua pelaksana acara sekaligus penulis buku mengaku sangat senang atas terbitnya buku ini. "Ketika saya masih duduk di SMA, saya sudah pernah ikut kelas menulis bersama Bapak Sobirin dan di akhir kelas ada buku antologi cerpen yang terbit. Dan sekarang saat jadi mahasiswa, ketemu lagi dengan Bapak Sobirin dan punya buku lagi. Seneng benget rasanya bisa punya karya lagi," tutup Mahmudin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: