Cara Bertahan saat Terjadi Pemadaman Listrik yang Berkepanjangan

Cara Bertahan saat Terjadi Pemadaman Listrik yang Berkepanjangan

ilutrasi listrik padam--Freepik @macrovector

INFORADAR.ID - Pemadaman listrik yang berkepanjangan menguji kesiapsiagaan darurat dan keterampilan bertahan hidup.

Selama pemadaman listrik, akses ke sumber daya seperti listrik, pendingin dan pemanas menjadi terbatas, sehingga Anda harus bersiap-siap.

Artikel ini membahas langkah-langkah praktis dan strategis untuk bertahan hidup selama pemadaman listrik yang berkepanjangan. Mulai dari memasak hingga menyediakan penerangan darurat, bersiaplah untuk menghadapi tantangan pemadaman listrik dengan tenang.

berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk bertahan hidup selama pemadaman listrik:

1. Ketahui jenis-jenis keadaan darurat yang dapat terjadi di rumah Anda

semakin banyak Anda mengetahui jenis-jenis keadaan darurat yang dapat terjadi di lingkungan Anda, maka Anda akan semakin siap. Apakah itu pemadaman listrik karena badai, kebakaran hutan, atau kerusakan infrastruktur, memahami risiko yang mungkin Anda hadapi akan membantu Anda membuat rencana yang tepat dalam keadaan darurat.

2. Masak makanan segar Sebelum pemadaman listrik

siapkan makanan segar dengan menggunakan daya listrik yang tersedia. Makanan yang dimasak akan bertahan lebih lama dibandingkan makanan segar, sehingga Anda dapat menyimpan makanan yang cukup untuk bertahan beberapa saat.

3. Siapkan makanan yang tidak perlu disimpan di lemari es

siapkan makanan tahan lama yang tidak memerlukan pendinginan, seperti makanan kaleng dan makanan kering. Siapkan makanan yang tidak mudah rusak: sayuran segar, buah, dan produk susu tidak dapat disimpan dalam jangka waktu lama tanpa pendingin.

BACA JUGA:Mengenal 6 Kebiasaan Sepele yang Membuat Boros Listrik

4. Siapkan sarana alternatif untuk memasak makanan dan air

miliki kompor gas, kompor berkemah, atau pemanggang untuk memasak makanan dan merebus air jika terjadi pemadaman listrik. Alat-alat ini dapat digunakan untuk memasak di luar ruangan jika perlu.

5. Siapkan cara untuk menghangatkan dan mendinginkan rumah Anda 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: