Hati Tenang, 6 Tips Aman Tinggalkan Peliharaan Saat Mudik

Hati Tenang, 6 Tips Aman Tinggalkan Peliharaan Saat Mudik

Potret Hewan Peliharaan Kucing--pexels

INFORADAR.ID - Salah satu aspek yang paling mengkhawatirkan saat mudik Lebaran adalah meninggalkan hewan peliharaan dan pergi keluar. 

Tidak mungkin mengajak hewan peliharaan bepergian mudik bersama kamu, karena waktu perjalanan dan kondisi psikologis hewan harus diperhitungkan.

Selain itu, tidak banyak layanan transportasi umum yang mengizinkan orang untuk mengirim hewan peliharaan kesayangannya mudik karena alasan keamanan dan kenyamanan.

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan tindakan pencegahan yang perlu dilakukan saat meninggalkan hewan peliharaan sebelum mudik Lebaran.

1. Pastikan Kesehatan Hewan Peliharaan

Jika hewan peliharaan jatuh sakit saat kamu mduik, yang terbaik adalah membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan khusus selama kamu pergi.

Biasanya, makanan dan pembersihan kandang akan diberikan selama perawatan, dan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan rutin akan dilakukan. 

Biaya rawat inap berkisar antara Rp50.000 hingga Rp 100.000, perawatan dari Rp 80.000 hingga beberapa ratus ribu rupiah, dan konsultasi dengan dokter hewan dari Rp 85.000 hingga Rp250.000.

2. Titipkan Pada Orang Terdekat

Saat kamu mudik untuk Lebaran, sebaiknya titipkan hewan peliharaan kamu pada orang yang dipercayai, seperti tetangga atau kerabat. 

Jangan lupa untuk menyediakan makanan dan perlengkapan perawatan lainnya agar hewan peliharaan kamu tetap nyaman selama mudik.

3. Gunakan Jasa Penitipan Hewan

Jika tidak ada keluarga atau kerabat yang dapat membantu kamu menjaga hewan peliharaan, kamu dapat menggunakan jasa penitipan hewan atau toko hewan terdekat. 

Tempat penitipan hewan akan menjadi tempat yang aman untuk menitipkan hewan peliharaan kamu.

Siapkan makanan yang biasa dikonsumsi kucing kamu, karena mengganti jenis makanan dapat mempengaruhi pencernaannya. Jangan lupa siapkan obat-obatannya, terutama jika hewan peliharaan kamu  mengidap penyakit tertentu.

BACA JUGA : Siap Mudik? 4 Tips Mencegah Mabuk Saat Perjalanan Mudik

4. Titipkan Pada Komunitas Pencinta Hewan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan yang tidak biasa dan membutuhkan perawatan khusus, seperti ular, iguana, sugar glider, atau landak mini, kamu dapat bergabung dengan komunitas pecinta hewan. 

Karena para anggota komunitas ini tahu bagaimana cara merawat hewan-hewan yang tidak biasa ini.

5. Tanyakan Kondisi Hewan Peliharaan Secara Rutin

Ingatlah untuk secara teratur memeriksa kondisi hewan peliharaan kamu dengan orang yang menitipkannya kepada kamu. 

Dengan cara ini, jika kondisi hewan memburuk, intervensi segera dapat dilakukan.

6. Asuransi Hewan Peliharaan

Salah satu cara untuk melindungi hewan peliharaan kamu adalah dengan mengambil asuransi. 

Hal ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Asuransi hewan peliharaan adalah upaya untuk melindungi hewan peliharaan terhadap risiko kematian, cacat akibat kecelakaan dan biaya tambahan untuk perawatan hewan tersebut sebagai akibat langsung dari keterlambatan jadwal kedatangan dari pesawat terbang ke tempat tinggal tertanggung.

Nah, itulah tips tinggalkan hewan peliharaan saat mudik Lebaran.(*)

BACA JUGA : Ini Tips Agar Mudik Lebaran 2024 Tidak Buat Kantong Boncos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: