Memasuki Musim Pancaroba, Inilah Tips Menjaga Kesehatan

Memasuki Musim Pancaroba, Inilah Tips Menjaga Kesehatan

ilustrasi musim pancaroba--Freepik @storyset

INFORADAR.ID - Pancaroba adalah pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Selama masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau, cuaca menjadi tidak stabil.

Seringkali perubahan cuaca ini membuat orang, terutama yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk tetap sehat selama musim pancaroba.

Kemalasan mengurangi kecenderungan kita untuk berolahraga dan meningkatkan kemungkinan anak-anak bermain di luar bersama teman-temannya. Akibatnya, mereka lebih mungkin untuk jatuh sakit jika salah satu teman mereka sudah terinfeksi virus tertentu.

Jadi, perawatan kesehatan seperti apa yang direkomendasikan selama pancaroba?

1. Jaga kebersihan

Hal yang paling sederhana namun sering kali paling jarang dilakukan adalah menjaga kebersihan. Misalnya, selalu mencuci tangan setelah beraktivitas dan mandi setidaknya dua kali sehari, pagi dan sore.

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Tidur atau istirahat adalah saat tubuh dapat memulihkan diri dan kembali beraktivitas secara normal.

BACA JUGA:Jelang Musim Panas di Bulan Puasa Ramadan, Begini Cara Mengatasi Musim Pancaroba

3. Makan makanan yang sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga mendukung kemampuan tubuh untuk mempertahankan diri dari serangan patogen. Mengonsumsi makanan sehat dapat mengurangi risiko penyakit.

4. Konsumsi vitamin sebanyak yang dibutuhkan

Jika perlu, vitamin dan suplemen dapat dikonsumsi untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Contohnya adalah vitamin C, D dan E. Ketiga vitamin ini merupakan antioksidan yang kuat dan melawan penyakit.

5. Olahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: