Cara Mencegah Terjangkitnya Demam Berdarah

Cara Mencegah Terjangkitnya Demam Berdarah

Potret nyamuk aedes--Freepik @jcomp

INFORADAR.ID - Demam berdarah, penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, telah menjadi masalah kesehatan global yang serius. 

Demam berdarah dikenal dengan gejalanya yang parah dan bahkan mengancam jiwa dan biasanya ditemukan di lingkungan dengan kelembaban tinggi dan kebersihan yang buruk. 

Namun, meskipun risiko demam berdarah sangat tinggi di daerah tropis dan subtropis, individu dapat mengambil tindakan pencegahan yang tepat di mana pun mereka berada untuk mengurangi kemungkinan tertular penyakit tersebut.

Penting untuk diketahui bahwa kunci utama untuk mengatasi demam berdarah adalah pencegahan. Sebagai langkah awal, penting untuk memahami bagaimana penyakit ini ditularkan. 

Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue, yang ditularkan oleh nyamuk. Nyamuk ini biasanya berkembang biak di genangan air, seperti bak mandi yang tidak terpakai, toples air hujan, atau ban bekas yang berisi air hujan. 

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan lingkungan dan membuang genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Beberapa cara untuk mencegah penyebaran demam berdarah adalah:

1. Tidur menggunakan kelambu

Salah satu cara efektif untuk mencegah gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan kelambu saat tidur. Pastikan kelambu kokoh dan tidak ada lubang untuk dimasuki nyamuk.

BACA JUGA:Musim Hujan Harus Waspada, Inilah Cara Mencegah Demam Berdarah

2. Gunakan losion pengusir nyamuk

Losion atau repellent anti nyamuk akan menjadi perlindungan tambahan saat digigit nyamuk. Oktober. Oleskan secara merata ke area kulit yang terbuka, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

3. Gunakan pakaian tebal untuk mencegah gigitan nyamuk

Mengenakan pakaian yang tebal dan menutupi sebagian besar tubuh dapat mengurangi risiko gigitan nyamuk. Untuk mengurangi daya tarik nyamuk, pilihlah pakaian yang longgar dan berwarna terang.

4. Singkirkan genangan air di sekitar Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: