10 Kota Dengan Waktu Puasa Tersingkat dan Terpendek 2024

10 Kota Dengan Waktu Puasa Tersingkat dan Terpendek 2024

Ilustrasi kota dengan waktu puasa terpendek di dunia 2024--unsplash/ ahd93y

INFORADAR.ID- Kamu udah tahun belum ada beberapa negara yang memiliki waktu puasa Ramadan 2024 tersingkat dan terpendek yang ada di dunia.

Semua umat Islam di seluruh dunia kini menikmati suasana Ramadan 1445 H. Negara apa saja dengan waktu puasa Ramadan 2024 tersingkat dan terpendek di dunia?

Umat Islam di setiap negara menjalankan periode puasa yang berbeda-beda, jadi tidak aneh jika ada banyak negara dengan waktu puasa Ramadan 2024 terpendek di dunia.

Perbedaan lamanya waktu puasa di masing-masing negara belahan bumi ini tentunya tidak terlepas dari perubahan lamanya siang dan malam.

Hal ini sangat dipengaruhi oleh letak geografis masing-masing negara, yang berbeda yang disebabkan oleh kemiringan Bumi dan posisi Matahari.

Selain itu, kaidah puasa menurut syariat Islam, yang dimulai dari terbitnya fajar kedua hingga terbenamnya matahari di ufuk barat.

Di negara-negara yang dekat dengan garis khatulistiwa, periode puasa semakin singkat.

BACA JUGA:Selama Ini Keliru, Ini Waktu yang Benar Membaca Doa Berbuka Puasa

Namun tidak di negara-negara yang jauh dari garis khatulistiwa, di mana periode puasa cenderung semakin lama.

Menurut data Islamic Finder yang dihimpun Al Jazeera, di wilayah Belahan Bumi Utara, periode puasa umumnya lebih pendek tahun ini dan akan terus menurun hingga tahun 2031. 

Sedangkan untuk Christchurch (Selandia Baru), Ramadan menjadi kota dengan periode puasa terpendek di dunia pada tahun 2024, mencapai 762 menit (12 jam 42 menit). 

Durasinya hanya selisih 763 menit dari Puerto Montt (Chile), yaitu 12 jam 43 menit (763 menit). Kemudian disusul Canberra (Australia) dengan waktu puasa 766 menit (12 jam 46 menit).

Nook (Greenland), di sisi lain, menjadi negara dengan waktu puasa terlama 1 hari, yaitu 1.072 menit (17 jam 52 menit)

Berikut 10 kota dengan durasi puasa tersingkat di dunia saat Ramadan 2024:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: